Ini 10 Penyakit yang Menyerang Warga Jombang dalam Dua Tahun Terakhir, Flu dan ISPA Tertinggi

Ini 10 Penyakit yang Menyerang Warga Jombang dalam Dua Tahun Terakhir, Flu dan ISPA Tertinggi

JOMBANG, BANGSAONLINE.com – Sepanjang tahun 2015 hingga pertengahan September tahun 2016, warga Kabupaten Jombang paling banyak terjangkit penyakit flu dan ISPA. Meski demikian, beragam jenis penyakit lain juga beredar menyerang warga di kota santri.

Berdasarkan data Dinas Kesehatan Kabupaten Jombang, 10 penyakit yang paling sering menjangkiti warga selama tahun 2015 adalah Flu, ISPA, Hipertensi, serta gangguan lambung dan usus 12 jari. Berikutnya, gangguan jaringan ikat dan otot, Diabetes mellitus dan penyakit sendi. Kemudian, Dermatis dan eksem, diare, serta demam typoid.

"Jadi, pada tahun 2015 penyakit flu menjadi tren tertinggi. Untuk diabetes mellitus menempati urutan keenam dari jenis penyakit yang dominan dialami warga Jombang," kata Kepala Dinkes Kabupaten Jombang, dr Heri Wibowo kepada Bangsaonline, Jumat (23/9).

Ia melanjutkan, hingga pertengahan bulan September tahun 2016, jenis penyakit flu dan ISPA masih menjadi peringkat tertinggi dari daftar penyakit yang diderita warga Jombang.

Menurut Heri, faktor-faktor penyebab penyakit umumnya karena pola makan, serta pola hidup keseharian. "Yang penting selalu jaga kondisi, menjaga pola makan dan istirahat cukup, penyakit-penyakit tidak akan mudah menyerang," pungkasnya. (rom/rev)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO