Senin, 20 Mei 2019 20:44

Pemandian Air Panas Sendang Brumbung, Wisata Alternatif di Lamongan

Rabu, 21 September 2016 00:33 WIB
Pemandian Air Panas Sendang Brumbung, Wisata Alternatif di Lamongan
Pemandian air hangat Brumbung Lamongan

LAMONGAN, BANGSAONLINE.com - Kabupaten Lamongan tidak hanya menawarkan objek wisata laut, di Kota Soto ini pun juga memiliki potensi wisata alam yang menawarkan petualangan yang berbeda.

Wisata tersebut adalah pemandian air panas Brumbung. Memang namanya tidak setenar Goa Maharani ataupun Wisata Bahari Lamongan (WBL). Namun nuansa alami karena lokasinya yang masih berada di tengah hutan dan sejarah panjangnya layak untuk menjadi destinasi wisata di Lamongan.

“Aslinya Brumbung sejak pertama namanya memang Brumbung, tapi memang sering dipanggil Brumbun,” ungkap Mulyono penjaga pintu masuk ke objek pemandian air panas ini.

Pemandian air panas yang oleh masyarakat sekitar sering disebut sebagai sendang Brumbung ini terletak di Dusun Tepanas, Desa Kranji, Kecamatan Paciran, Kabupaten Lamongan.

Lebih lanjut, Muyono menuturkan, Sendang Brumbung sudah ada sejak jaman Wali Songo, tepatnya di masa Sunan Drajat. Konon pemandian ini sering digunakan oleh para wali termasuk Sunan Drajat sebagai tempat berdiam diri.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Lamongan Eko Priyono,MM Selasa (20/9) mengatakan, sebelumnya pengunjung kesulitan menuju akses lokasi wisata di kawasan pantura ini. Sebab, tidak ada satu pun plang atau penanda penunjuk ke lokasi. Sehingga, tahun ini dibangunkan gapura.

’’Saat ini wisata air hangat brumbung masih dikelola oleh desa,’’ katanya. Adanya penunjuk lokasi, tutur dia, bisa mendongkrak intensitas pengunjung.

Sebab, Wisata Air Hangat Brumbung memiliki potensi yang cukup bagus untuk dikembangkan.

Dikatakan Eko, selain membangun gapura. Nantinya, infrastruktur jalan menuju lokasi juga dibenahi. Namun, minimnya anggaran sehingga tidak seluruh jalan akses masuk diperbaiki. "’Jalan yang diperbaiki sekitar 200 meter," ujarnya. (qom/rev)

Bandeng Jelak Khas Kota Pasuruan yang Tinggi Protein, Yuk Makan Ikan!
Minggu, 28 April 2019 01:01 WIB
PASURUAN, BANGSAONLINE.com - Kali ini Shania Indira Putri, Duta Gemarikan Kota Pasuruan, melihat lebih dekat bagaimana proses pemanenan ikan Bandeng Jelak khas Kota Pasuruan. Sekali panen, ikan ini air tawar ini bisa menghasilkan 600 hingga 120...
Selasa, 26 Maret 2019 21:54 WIB
MADIUN, BANGSAONLINE.com - KAI Daop 7 ajak beberapa wartawan wilayah Madiun, mulai dari wartawan cetak, online, dan televisi, ke tempat bangunan bersejarah Lawang Sewu dan Stasiun Ambarawa, Selasa (26/3). Kegiatan ini dilakukan selama dua hari (25-26...
Suparto Wijoyo
Jumat, 17 Mei 2019 00:26 WIB
Oleh: Suparto Wijoyo*RAMADHAN memang penuh segalanya secara apik, termasuk berderet karunia dengan segenap undangan berbuka puasa secara bersama-sama. Ini sangat fenomenal bagi saya yang sejak semula berpuasa bukan untuk meminimalisir perbelanjaan...
Sabtu, 18 Mei 2019 12:13 WIB
Dr. KH A Musta'in Syafi'ie M.Ag
Oleh: Dr. KH A Musta'in Syafi'ie M.Ag41. Walaqad sharrafnaa fii haadzaa alqur-aani liyadzdzakkaruu wamaa yaziiduhum illaa nufuuraanDan sungguh, dalam Al-Qur'an ini telah Kami (jelaskan) berulang-ulang (peringatan), agar mereka selalu ingat. Tetapi (p...
Dr. KH. Imam Ghazali Said
Jumat, 17 Mei 2019 16:44 WIB
>>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Dr. KH. Imam Ghazali Said. SMS ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<<<...