Sabtu, 20 Juli 2019 23:55

Tolak Kekerasan Atas Nama Agama, Lintas Iman Deklarasi Perdamaian

Minggu, 08 Juni 2014 21:25 WIB
Editor: rosihan c anwar
Wartawan: musta'in
Tolak Kekerasan Atas Nama Agama, Lintas Iman Deklarasi Perdamaian
DEKLARASI PERDAMAIAN-Lintas Iman Sidoarjo, Gusdurian Sidoarjo dan GP Ansor Sidoarjo menggelar Deklarasi Perdamaian, di Pondok Pesantren Ahlus Shofa wal Wafa, di Desa Simo Ketawang Kecamatan Wonoayu, Sidoarjo, Minggu (8/6/2014).

SIDOARJO (BangsaOnline) – Sejumlah perwakilan lintas iman, Gusdurian Sidoarjo dan GP Ansor Sidoarjo menggelar Deklarasi Perdamaian, di Pondok Pesantren Ahlus Shofa wal Wafa, di Desa Simo Ketawang Kecamatan Wonoayu, Sidoarjo, Minggu (8/6/2014).

Kegiatan bertema “Mari Benar-Benar Ber-Tuhan Agar Tumbuh Cinta Damai Dalam Perbedaan” itu digelar sebagai bentuk keprihatinan terhadap naiknya kekerasan atas nama agama dan kampanye hitam beraroma SARA akhir-akhir ini. “Agar semua menyuarakan kedamaian, keakraban tanpa ada sebuah perbedaan.Ini semua demi Keutuhan NKRI, negeri kita semua," ucap KH Nizam As Sofha, pengasuh Pondok Pesantren Pondok Pesantren Ahlus Shofa wal Wafa.

Dia menyatakan, meskipun saat ini suasana politik sedang memanas, pihaknya berharap agar tidak saling fitnah. "Jangan menjelek-jelekkan sesama. Itu persaingan yang tidak sehat. Mempersatukanlah kecap kalian, bukan kecap orang lain," pesannya usai deklarasi damai umat lintas iman Sidoarjo.

Ada delapan poin dalam Deklarasi Perdamaian tersebut, yakni menyatakan keprihatinan yang mendalam dan mengecam segala tindak kekerasan dan intoleransi dalam berbagai bentuk yang sekiranya merusak kehidupan berbangsa dan bernegara, menolak segala tindakan atas nama agama apapun yang telah menjadikan manusia kehilangan haknya sebagai warga Negara.

Menolak terhadap segala bentuk tindakan mengatasnamakan agama apapun yang menafikan nilai-nilai universal kemanusiaan, kesetaran dan keadilan, Dalam mengikuti proses Pilpres saat ini, mengharap seluruh elemen masyarakat perlu memiliki sikap yang jernih, bisa menahan diri dari dan tidak mudah terprovokasi dalam menyikapi berita maupun pesan singkat (SMS) berisi "Black Campaign" (kampanye hitam) yang bersifat provokasi dan menyesatkan,

Mengharap tim kampanye dan para pendukung masing-masing calon presiden supaya memiliki semangat persatuan dan persaudaraan. Menciptakan pemilu berintegritas dan damai demi terwujudnya kemajuan Indonesia dan terjaganya keutuhan NKRI berdasarkan pancasila dan UUD 1945.


Mengharap segenap umat di Sidoarjo agar memelihara kerukunan umat bergama di lingkungan masing-masing, menghindari sikap main hakim sendiri dan tindakan anarkis yang tidak menyelesaikan persoalan.

Mengharap Muspida, Tokoh Agama, Tokoh masyarakat di Sidoarjo untuk memberikan pemahaman kepada masyarakat agar suasana keamanan, kerukunan dan kesatuan NKRI tetap terjaga serta kepada media massa diharapkan agar menyampaikan pemberitaan yang akurat dan menyejukkan mengenai segala peristiwa yang terjadi dalam masyarakat.

Kamis, 11 Juli 2019 16:29 WIB
YOGYAKARTA, BANGSAONLINE.com - Siapa pun pasti tersenyum membaca nama tempat wisata ini. Maklum, identik alat vital wanita: “Tempik Gundul” yang artinya alat vital wanita tanpa bulu. Apalagi tulisan yang beredar di media sosial (medsos) juga d...
Minggu, 14 Juli 2019 13:13 WIB
Oleh: Dr. KH. M. Cholil NafisBaru saja, Kamis (12/7) saya berpartisipasi dalam kegiatan Bussiness Matching The 1st Pasific Exposition yang berlangsung pada 11 s.d. 14 Juli 2019 di Auckland, Selandia Baru.Pacific Exposition merupakan salah satu kontri...
Kamis, 18 Juli 2019 13:54 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag57. Ulaa-ika alladziina yad’uuna yabtaghuuna ilaa rabbihimu alwasiilata ayyuhum aqrabu wayarjuuna rahmatahu wayakhaafuuna ‘adzaabahu inna ‘adzaaba rabbika kaana mahtsuuraanOrang-orang yang mereka seru itu, ...
Sabtu, 29 Juni 2019 14:36 WIB
>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Dr. KH. Imam Ghazali Said. SMS ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<<<<...