3 Santri Ponpes Al Falah Jombang Tenggelam di Sungai Brantas Saat Cuci Jeroan Hewan Kurban

3 Santri Ponpes Al Falah Jombang Tenggelam di Sungai Brantas Saat Cuci Jeroan Hewan Kurban Masyarakat dan tim SAR sedang mencari korban tenggelam. foto: RONY SUHARTOMO/ BANGSAONLINE

JOMBANG, BANGSAONLINE.com - Tiga orang santri Ponpes Al Falah tenggelam di Sungai Brantas Dusun Ngerco, Desa Pojokrejo, Kecamatan Kesamben, Kabupaten Jombang. Musibah itu terjadi saat ketiga korban sedang mencuci jeroan hewan kurban di bantaran sungai, Senin (12/9).

Ketiga santri tersebut yaitu Burhan (19), santri Kelas XII MA Al Falah asal Desa Bangkalan, Kecamatan Sumobito, serta Adi Tricahyo Hidayat (18) dan Ardi (19), santri asal Desa Pojokrejo, Kecamatan Kesamben.

Kapolsek Kesamben, AKP Yudiono mengatakan, ketiga santri itu menjadi panitia kurban di Ponpes Al Falah, Desa Pojokrejo. Sekitar pukul 11.45 WIB, para korban bersama santri lainnya dan pengasuh pondok mencuci jeroan hewan kurban ke bantaran Sungai Brantas.

"Sudah selesai (mencuci jeroan), korban Burhan pura-pura tenggelam di Sungai Brantas. Rekan-rekannya tak memperhatikan, tahu-tahu dia (Burhan) tidak muncul (tenggelam)," kata Yudiono di lokasi.

Lanjut Yudiono, sadar temannya tenggelam, Ardi dan Adi bergegas melakukan pencarian di sekitar lokasi tenggelamnya Burhan. "Karena arus sungai cukup deras, keduanya terbawa arus dan tenggelam," ujarnya.

Yudiono menambahkan, saat ini tim SAR sudah diterjunkan ke lokasi untuk melakukan pencarian ketiga korban. Proses pencarian juga dibantu warga sekitar dan pengasuh pondok menggunakan rakit. Bahkan pihak pondok melempar 3 buah sarung dan kopiyah ke tengah sungai dengan harapan korban segera ditemukan.

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO