​Serang Aswaja, Wahabi Diback Up Saudi Arabia, Syiah Diback Up Iran

​Serang Aswaja, Wahabi Diback Up Saudi Arabia, Syiah Diback Up Iran KHA Hasyim Muzadi saat menemui Sheikh Zuhair Usman al-Junaid dan Sheikh Ghozi Yusuf Hneineh di kantor Wantimpres Jakarta, Selasa, 6 September 2016. Foto: dokumentasi wantimpres

JAKARTA, BANGSAONLINE.com - Posisi umat Islam penganut Ahlussunnah Wal Jamaah (Aswaja) kini mendapat serangan dua arah, yakni Syiah dan Wahabi. Ironisnya, dua paham transnasional itu diback up oleh Negara masing-masing. Syiah diback up Negara Iran sedang Wahabi diback up Negara Saudi Arabia. Akibatnya, penganut Aswaja terjepit antara Iran dan Saudi Arabia.

Gambaran kondisi umat Islam penganut Aswaja itu disampaikan dua ulama dari Tajamul Ulama Libanon yaitu Sheikh Zuhair Usman al-Junaid dan Sheikh Ghozi Yusuf Hneineh kepada KHA Hasyim Muzadi di Kantor Wantimpres, Selasa, 6 September 2016, jam 14.30-16.00.

Dua ulama itu menyampaikan peta kekuatan umat Islam dan anatomi pergolakan di Timur Tengah.

Secara gamblang dua ulama itu menjelaskan kondisi tersebut dengan mengungkap pergolakan di Syria, munculnya ISIS (DAIS), keadaan di Libanon, Mesir, Turki, Yaman, Libia, dan Irak.

”Posisi Ahlussunah wal Jamaah sebagai pemik yang lurus dan toleran serta dipegangi oleh mayoritas ulama dunia sebagai manhaj yang mu’tadil (pemik ilmiah amaliyah) sekarang ini sedang banyak mengalami kesulitan. Kesulitan tersebut karena dihimpit oleh kekuatan Syiah yang mempunyai sentral negara Iran, serta Wahabiyah/Salafiyah yang mempunyai sentral Saudi Arabia. Sedangkan Ahlussunah wal Jamaah bergerak non-politis tanpa pengendalian dari negara tertentu menjadi sasaran dua kekuatan tersebut yang mempunyai arus politik serta kekuatan uang,” kata mereka.

Ironisnya, himpitan dua kekuatan dari sesama Islam tersebut kemudian diintervensi oleh kekuatan asing baik Barat maupun Timur. Mereka mengintervensi dengan cara membenturkan Syiah dan Wahabi bahkan menggunakan daerah kawasan kaum Sunni, sehingga kerusakan menjadi merata di kalangan umat Islam.

Lihat juga video 'Prof KH Imam Ghazali: Ajaran Wahabi Sudah Tak Relevan, Raja Saudi Tertarik Islam Moderat':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO