Sabtu, 11 Juli 2020 10:57

Pemkab Lamongan Kekurangan PNS, 218 Jabatan Kosong

Minggu, 21 Agustus 2016 16:59 WIB
Pemkab Lamongan Kekurangan PNS, 218 Jabatan Kosong
Ismunawan

LAMONGAN, BANGSAONLINE.com - Sebanyak 218 jabatan di semua eselon di Pemerintah Kabupaten Lamongan kosong. Kekosongan akibat pensiun ini terhitung sejak pendataan April lalu.

Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Kabupaten Lamongan Ismunawan, MM menjelaskan ada lima jabatan tertinggi di Pemkab Lamongan yang kosong saat ini yakni, kepala dinas pemuda dan olahraga, kepala badan lingkungan hidup (BLH), asisten administrasi, dan tiga staf ahli.

Selain itu kata Ismunawan jabatan kosong lainnya, kepala kantor ketahanan pangan, sekretaris BPPKB, sekretaris badan penanaman modal dan perizinan, Kabag persidangan sekretariat DPRD serta camat Brondong dan Solokuro,.

"Jabatan kosong itu menyebar mulai eselon terendah IVb hingga tertinggi IIb dan tersebar di 22 SKPD. Paling banyak di eselon IVb sebanyak 204 jabatan dan paling sedikit eselon IIIb sebanyak tiga jabatan,"jelas mantan kepala inspektorat.

Menurut Ismunawan, mutasi terakhir di lingkungan Pemkab Lamongan dilakukan 9 Februari tahun lalu. Itu berarti belum ada mutasi lagi selama setahun lebih. Sebab, tahun lalu mutasi pejabat tidak bisa dilakukan karena terbentur pilkada.

Kepala daerah terpilih juga tidak bisa langsung melakukan mutasi, sesuai ketentuan yang ada, kepala daerah baru bisa melakukan mutasi pejabat setelah enam bulan dilantik. Sedangkan Bupati Fadeli dan Wabup Kartika Hidayati baru dilantik 17 Februari lalu.

Ismunawan belum bersedia menjelaskan kapan posisi jabatan tersebut akan diisi, apakah menunggu susunan SOTK (struktur organisasi tata kerja) baru ataukah SOTK yang saat ini berjalan. Karena bila struktur SOTK baru maka posisi jabatan pun akan berubah baik jumlah eselon II, III, IV ataupun V.

“Kalau ditanya soal kapan mutasi, itu kan kewenangan pimpinan, bukan kewenangan staf. Hanya kapanpun diperlukan menyangkut data kepangkatan, masa kerja, kualifikasi dan lain-lain semua itu sudah tersedia,” ungkapnya.

Ditambahkan Ismunawan,ada 350 pegawai negri sipil (PNS) yang bakal pensiun sepanjang tahun ini. Tentu, Pemkab Lamongan akan kekurangan tenaga untuk melayani masyarakat. Total PNS di lingkup pemkab saat ini sebanyak 11.870 orang.

Sementara, hingga kini belum ada kabar informasi adanya rekrutmen CPNS dari pemerintah pusat. ”Totalnya tahun ini sebanyak 350 PNS pensiun, karena faktor usia sudah mencapai 60 tahun," ujarnya. (qom/rev)

Disnak Jatim Pastikan Telur yang Beredar Aman dan Sehat untuk Dikonsumsi
Rabu, 20 November 2019 13:57 WIB
Kepala Disnak Jatim, Wemmi Niamawati melakukan kampanye telur ayam Jawa Timur sehat, bebas zat beracun bersama staf di halaman Kantor Disnak Jatim.Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur dengan melaksanakan kampanye "Telur Ayam Jawa Timur Sehat Bebas Za...
Rabu, 11 Maret 2020 22:53 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Keindahan alam di Jawa Timur adalah potensi wisata yang luar biasa. Salah satunya, Taman Wisata Genilangit di Kecamatan Poncol, Kabupaten Magetan. Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa datang langsung ke ikon wisata di...
Jumat, 10 Juli 2020 21:04 WIB
Oleh: Ibnu Rusydi Sahara*“Sampean dari Surabaya?” Teman saya kerap menerima pertanyaan itu, manakala turun dari bus antarkota yang membawanya dari Surabaya di beberapa kota di Jawa Timur. Yang bertanya tukang ojek. Yang biasa mangkal di sep...
Rabu, 24 Juni 2020 23:47 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*25. Walabitsuu fii kahfihim tsalaatsa mi-atin siniina waizdaaduu tis’aanDan mereka tinggal dalam gua selama tiga ratus tahun dan ditambah sembilan tahun.26. Quli allaahu a’lamu bimaa labitsuu lahu ghaybu als...
Sabtu, 11 Juli 2020 01:28 WIB
>>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A.. Kirim WA ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat...