Senin, 26 Agustus 2019 12:54

Disporabudpar Banyumas Gelar Seleksi PTM

Jumat, 19 Agustus 2016 12:39 WIB
Wartawan: Dicky Edyano
Disporabudpar Banyumas Gelar Seleksi PTM

BANYUMAS, BANGSAONLINE.com - Dinas Pemuda Olahraga Kebudayaan dan Pariwisata (Dinporabudpar) Kabupaten Banyumas bersama Dewan Kerja Cabang (DKC) Kwarcab Banyumas, menggelar seleksi Pasukan Tunas Muda (PTM) Jumat (19/8) di sekitar Sanggar Bakti Pramuka. PTM ini akan bertugas sebagai Petugas Pengibaran dan Penurunan Bendera pada Apel Besar Gerakan Pramuka dalam rangka memperingati Hari Ulang tahun Pramuka ke-55 Tahun 2016 Tingkat Kabupaten Banyumas yang rencananya akan dilaksanakan tanggal 15 September di Alun-alun Purwokerto.

Kasi Pembinaan Pemuda pada Dinporabudpar, Mis Nur Aini saat memberi pengarahan kepada Calon Pasukan Tunas Muda (CPTM) mengatakan bahwa dari 158 peserta yang lolos seleksi awal, akan diambil 34 CPTM dari Pramuka Penegak. “PTM nantinya berjumlah 37 pramuka, 34 diseleksi pada hari ini, sedangkan tiga lainya dari Siaga, Penggalang dan Pandega masing-masing 1 orang,” terang Mis Nur Aini.

Ketua Dewan Kerja Cabang (DKC) Kwarcab Banyumas Diana Dwi Putra, mengaku bangga bahwa PTM semakin menarik bagi anggota pramuka. “Antusiasme Pramuka Penegak terlihat pada pendaftaran Calon Pasukan Tunas Muda (CPTM) Tahun 2016 ini, mencapai 200 orang,” jelasnya.

Membludaknya peserta menurut Diana sudah diantisipasi, melalui surat yang dikirim ke pangkalan, sudah menyebut bahwa pangkalan berkesempatan mengirim maksimal 6 orang pramuka penegak untuk mendaftar CPTM.

“Tetapi untuk pendaftar yang menkonfirmasi setelah CPTM genap 160, dianggap tidak memenuhi syarat, alhamdulillah yang lolos seleksi awal 158 orang” tambahnya.

Materi seleksi CPTM meliputi peraturan baris berbaris, fisik dan jasmani lari mengelilingi GOR selama 12 menit, teknik kepramukaan dan pengetahuan umum serta interview, selain itu peserta juga wajib memenuhi persyaratan khusus misalnya tinggi badan putra minimal 165 cm dan putri 160 cm, serta berbadan sehat.

Untuk memenuhi ketentuan diatas semua peserta diwajibkan mengikuti seleksi adminitrasi dan kesehatan yang semuanya sudah disiapkan oleh penyelenggara di Pendopo Sanggar Bakti Pramuka. Petugas kesehatan dari Puskesmas Purwokerto Utara, petugas timbang dan tinggi badan dan lainya yang berasal dari Dewan Kerja Cabang Kwarcab Banyumas serta Purna PTM.

Diana melanjutkan bahwa tujuan dari seleksi ini adalah untuk mempersiapkan fisik dan mental Calon Anggota PTM nantinya agar dapat melaksanakan tugas dengan baik. Apabila anggota PTM tidak memiliki fisik yang prima tentu akan mempengaruhi pada tugas yang dibebankan. Pada seleksi ini terlihat calon peserta yang tidak memiliki stamina bagus akan terlihat. (bym1)

Bandeng Jelak Khas Kota Pasuruan yang Tinggi Protein, Yuk Makan Ikan!
Minggu, 28 April 2019 01:01 WIB
PASURUAN, BANGSAONLINE.com - Kali ini Shania Indira Putri, Duta Gemarikan Kota Pasuruan, melihat lebih dekat bagaimana proses pemanenan ikan Bandeng Jelak khas Kota Pasuruan. Sekali panen, ikan ini air tawar ini bisa menghasilkan 600 hingga 120...
Jumat, 23 Agustus 2019 22:22 WIB
NGAWI, BANGSAONLINE.com - Masyarakat Kabupaten Ngawi dan sekitarnya kini sedang gandrung dengan destinasi wisata baru di Desa Bringin, Kecamatan Bringin, Ngawi. Di mana, salah satu obyek wisata yang dikenal dengan nama 'Jurang Krowak' banyak men...
Minggu, 11 Agustus 2019 17:36 WIB
Oleh: Em Mas’ud AdnanPeta politik Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) di Kota Surabaya kembali berubah. Awalnya ada tiga kekuatan kubu politik di internal PDIP Kota Surabaya. Kubu Wihsnu Sakti Buana (wakil wali kota Surabaya), Bambang...
Senin, 19 Agustus 2019 01:09 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag58. wa-in min qaryatin illaa nahnu muhlikuuhaa qabla yawmi alqiyaamati aw mu’adzdzibuuhaa ‘adzaaban syadiidan kaana dzaalika fii alkitaabi masthuuraanDan tidak ada suatu negeri pun (yang durhaka penduduk...
Sabtu, 17 Agustus 2019 11:29 WIB
>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Dr. KH. Imam Ghazali Said. SMS ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<<<<...