Air Terjun 7 Tingkat dan Gua Baung, Wisata Baru Warga Nganjuk

Air Terjun 7 Tingkat dan Gua Baung, Wisata Baru Warga Nganjuk Pengunjung berada di air terjun tingkat ke-4. foto: BANGSAONLINE

NGANJUK, BANGSAONLINE.com - Masyarakat Nganjuk memiliki kebanggaan bertambahnya obyek wisatanya. Hal itu setelah ditemukannya air terjun 7 (tujuh) tingkat dan gua Baung yang terletak di Desa Sambi Kerep, Kecamatan Rejoso Nganjuk.

Air terjun 7 tingkat yang lokasinya menjadi satu dengan gua Baung ini tepatnya berada di kawasan hutan milik perhutani Nganjuk, dengan luas sekitar 2 hektare.

Kepala Desa Sambi Kerep, Agus Juhandoko mengatakan, penemuan lokasi wisata tersebut bermula dari laporan masyarakat bahwa ada sebuah gua dan berdampingan dengan air terjun.

Setelah mendapat laporan tersebut, dirinya langsung melihat ke lokasi untuk memastikan tentang keberadaan obyek wisata tersebut. “Saya terkagum dengan keindahan kawasan yang masih alami tersebut,” kata Agus, Minggu (31/7).

Dijelaskan, ada sekitar 5 gua di sekitar lokasi wisata tersebut. 4 gua hanya memiliki kedalaman 1 sampai 2 meter, sedangkan 1 gua lagi mempunyai kedalaman 12 meter, tapi masih belum bisa dimasuki karena tertutup oleh tanah gua.

“Gua Baung itu bisa dimasuki dengan cara merangkak, dan di dalamnya ada hamparan tanah yang luas dengan ketinggian sekitar 2 sampai 3 meter,” paparnya.

Diakui Agus, bahwa obyek wisata tersebut masih dalam wilayah kawasan hutan milik Perhutani KPH Nganjuk, dan saat ini sedang dilakukan penataan bersama masyarakat dan perhutani agar kawasan tersebut bisa dibuka untuk umum.

Simak berita selengkapnya ...