5 Hari Jelang MTQ, Kafilah Korpri Gresik Digembleng 5 Kiai

5 Hari Jelang MTQ, Kafilah Korpri Gresik Digembleng 5 Kiai Para kafilah Korpri Kabupaten Gresik saat berlatih. foto: SYUHUD/ BANGSAONLINE

GRESIK, BANGSAONLINE.com - Korpri (Korps Pegawai Negeri Republik Indonesia) Kabupaten Gresik menghadirkan lima orang kiai untuk membina Tim Musabaqoh Tilawatil Al-Qur’an () Korpri Kabupaten Gresik.

Lima orang kiai tersebut disiapkan lantaran kafilah Korpri Gresik akan berlaga pada arena Korpri antar Kabupaten/ Kota se Jawa Timur yang berlangsung pada 18-21 Juli 2016 di Asrama Haji Sukolilo, Surabaya.

Para kiai yang tergabung sebagai Pembina Lembaga Pengembangan Tilawatil Qur'an (LPTQ) Kabupaten Gresik, di antaranya terbilang sebagai kiai sepuh. Mereka memberikan pembinaan di ruang Mandala Bakti Praja pada Rabu (13/7), di antaranya, KH. Mustain, KH. Mithar Husain, KH. Ali Anhar, H. Mahsun dan Imam Chanafi dari Kementerian Agama Kabupaten Gresik.

Menurut Sekretaris Korpri Pemkab Gresik, Iwan Lukito, persiapan untuk menuju perhelatan Korpri se Jawa Timur ini sudah dilakukan sejak Bulan November tahun 2015 lalu.

”Kami sudah melaksanakan Korpri tahun 2015 se Kabupaten Gresik dan menghasilkan juara. Para juara dan runner up pada tersebut yang kami bina untuk diikutkan ( se-Jawa Timur)," katanya.

Menurut dia, ada 15 kafilah hasil seleksi tersebut yang nantinya akan berlaga di 5 kategori kejuaraan yang dipertandingkan pada Korpri antar Kabupaten Kota se Jawa Timur tahun 2016.

“Para kafilah yang akan dibina khusus oleh para kiai ini akan diturunkan pada kategori Tartil, Tilawah, Hifdz, Dakwah dan Kath. Semua kategori baik putera maupun puteri akan kita ikuti. Kami berharap para Kafilah Korpri Gresik ini bisa menempatkan diri sebagai juara di tiap kategori," jelas Iwan.

Di sela pembinaan, salah seorang pembina khalifah, Imam Chanafi dari Kantor Kementerian Agama Kabupaten Gresik mengatakan, selama lima hari sebelum berlangsungnya Korpri Jawa Timur pihaknya akan berusaha untuk mematangkan para kafilah.

“Dari sisi kualitas, para kafilah sudah punya talenta yang bagus. Kami para anggota LPTQ hanya memoles agar para kafilah ini punya mental juara," katanya.

Sementara Kepala Bagian Humas Pemkab Gresik, Suyono menyatakan, pihaknya berharap tim Korpri Gresik ini bisa meraih juara umum. “Sebagai anggota Korpri di Kabupaten Gresik yang punya julukan kota Santri, kami sangat menginginkan bisa meraih juara umum. Hal ini juga untuk melengkapi predikat juara umum yang sudah ditorehkan para kafilah Gresik pada XXIV dan XXV Jawa Timur yang berlangsung pada tahun 2013 dan 2015. Apa salahnya bila di arena Korpri Jawa Timur kita juga juara," pungkasnya. (hud/rev)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO