Ribuan PKL Ramaikan Pasar dan Lelang Bandeng Gresik 2016

Ribuan PKL Ramaikan Pasar dan Lelang Bandeng Gresik 2016 Ppenjual bandeng diserbu pembeli pada malam pasar bandeng tahun lalu. foto: SYUHUD/ BANGSAONLINE

GRESIK, BANGSAONLINE.com - Tradisi yang menjadi rutinitas warga kota pudak setiap jelang akhir bulan suci Ramadan, tepatnya puasa memasuki malam 25 ke atas, tidak disia-siakan para PKL (pedagang kaki lima), baik dari Gresik maupum luar Gresik.

Ribuan PKL mulai Jumat (1/6) kemarin, berjubel di sepanjang jalan Raden Santri, Jalan Basuki Rahmat dan Jalan Samanhudi Kecamatan Gresik. Lokasi tersebut tidak jauh dari lokasi kontes (lelang) bandeng yang tahun ini ditempatkan di pertigaan Suling, jalan Basuki Rahmat, Gresik.

Mereka berjualan beraneka makanan dan mainan, mulai ikan bandeng, makanan dan minuman, boneka, baju lebaran dan lainnya. "Memang betul setiap ada pasar dan , ada ribuan PKL yang berjualan," kata kepala Bagian Perekonomian Pemkab Gresik, Halimatul Farda, Sabtu (2/7).

Menurut Farda, ribuan PKL itu berjualan di titik-tik yang telah disediakan oleh Diskop, UKM dan Perindag. Titik-titik untuk jualan yang sudah puluhan tahun menjadi tradisi pasar bandeng tersebut mulai jalan Raden Santri, jalan Basuki Rahmat, jalan Samanhudi dan jalan Gubernur Suryo.

"Titik-titik yang akan digunakan berjualan PKL itu sudah kami kasih tanda dan nomor," jelasnya.

Farda menegaskan, PKL tersebut menempati titik-titik di areal pasar bandeng dengan ukuran yang telah ditentukan, mulai 2x2 m2 hingga 2x3 m2. "Mereka dikenakan uang sewa stan yang masuk retribusi yang dijadikan sumber pendapatan daerah," terangnya.

Selain itu, pasar bandeng tersebut juga disediakan areal parkir. Untuk areal parkir tersebut, Bagian Perekonomian dan instansi terkait bekerjasama dengan organisasi kemasyarakatan setempat untuk pengelolaan lahan parkir. "Pasar bandeng selain bertujuan untuk menjalankan tradisi, juga untuk menghidupkan ekonomi kerakyatan," tuturnya.

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO