Untuk Mutasi Pejabat Tidak harus Tunggu Sekda Definitif

Untuk Mutasi Pejabat Tidak harus Tunggu Sekda Definitif

GRESIK, BANGSAONLINE.com - Penataan pejabat atau mutasi pejabat di lingkup Pemkab Gresik, harus menunggu pejabat sekda (sekretaris daerah) definitif, ternyata masih terjadi pro-kontra.

Bahkan, di kalangan pejabat senior di lingkup juga masih memperdebatkan, apakah mutasi pejabat tetap harus menunggu pejabat sekda definitif atau tidak. Menurut Kepala Bagian Ortala (Organisasi dan Tata Laksana) , Budi Raharjo, bahwa untuk mutasi pejabat tidak harus menunggu sekda definitif dikukuhkan dulu.

"Tidak harus. Tidak perlu menunggu sekda definitif kalau Bupati ingin lakukan mutasi pejabat," kata Budi Raharjo, Selasa (28/6).

Artinya, Plt sekda pun bisa melakukan penataan pejabat dan mutasi. "Jadi, Plt Sekda (Bambang Isdianto-red) pun bisa lakukan penataan pejabat untuk mutasi," terangnya.

Sebab, kata dia, sekda itu sifatnya hanya kordinatif. Dan, dalam penataan pejabat untuk dimutasi bahwa yang lakukan pembahasan adalah tim kolektif. Di mana, ada sekda selaku ketua tim Baperjakat (badan pertimbangan jabatan dan kepangkatan), ada kepala BKD (Badan Kepegawaian Daerah) selaku anggota, ada sekretaris BKD selaku sekretaris tim Baperjakat dan ada Inspektorat.

"Jadi, tim Baperjakat itu sifatnya hanya kordinatif. Mereka sifatnya kolektif kolegial," terangnya.

Dikatakan dia, Plt sekda bisa lakukan penataan pejabat untuk dimutasi merujuk pembahasan dan pengesahan APBD (Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah) tahun 2016. Plt sekda selaku ketua timang (tim anggaran) bisa juga melakukan pembahasan, finalisasi hingga pengesahan APBD.

"Nyatanya, saat pengesahan APBD 2016, juga Plt sekda yang lakukan pengesahan. Dan tidak ada persoalan," terangnya.

Ditambahkan dia, untuk pelantikan pejabat dalam mutasi yang punya otoritas atau hak prerogatif adalah Bupati. "Makanya, meski yang membahas penataan pejabat dalam mutasi itu Plt Sekda, tapi yang menetapkan dan melantik yang punya hak prerogatif tetap bupati," pungkasnya. (hud/rev)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO