Amankan Jalur Mudik di Madiun, Pohon Tua Dipotong

Amankan Jalur Mudik di Madiun, Pohon Tua Dipotong

MADIUN, BANGSAONLINE.com - Dinas Kebersihan dan Pertamanan (DKP) Kota dilibatkan untuk mengamankan jalur mudik Lebaran. Salah satu tugasnya memangkas ratusan pohon hingga H-2 menjelang Lebaran mendatang.

‘’Kami pantau pohon tua dan rindang,’’ kata Kabid Pemakaman Taman dan Penerangan Jalan Umum (PTPJU) DKP Kota Hari Joko Widodo, Sabtu (18/6).

Dikatakan Joko, saat ini pemangkasan pohon tua dan rindang telah mencapai 50 persen di ruas jalan protokol. Mulai Jalan Yos Sudarso, Pahlawan, Urip Sumoharjo, Trunojoyo, Agus Salim, Soekarno Hatta hingga Myajen Panjaitan. Berikutnya di Jalan Sulawesi, Kalimantan dan sebagian Mastrip. ‘’Mastrip sudah kami pangkas sebagian, karena batang-batangnya sudah sangat rimbun,’’imbuh dia.

Rata-rata, pepohonan tersebut sudah berusia lebih dari 15 tahun dengan ketinggian diatas tujuh meter. Jenis pohon yang dirapikan cemara, trembesi, ringin, sono dan lainnya. Selain pohon tua, petugas juga menebang pohon-pohon yang mulai lapuk. ‘’Kemarin di Jalan Panjaitan sudah kami potong, karena bagian dalamnya keropos. Khawatirnya roboh dan menimpa pengendara,’’papar dia.

Seperti kejadian pekan lalu, salah satu pohon di Jalan Perintis Kemerdekaan roboh akibat keropos. Padahal, sehari sebelumnya sempat dirapikan. Beruntung tidak menimpa pengendara. ‘’Sampai hari ini belum ada yang menyebabkan korban. Semoga tidak terjadi,’’ katanya.

Selain memberi kenyamanan pemudik, upaya ini juga agar tidak ada pohon tumbang di akhir musim penghujan ini. Sebab, beberapa hari terakhir Kota sering diguyur hujan disertai angin kencang. ‘’Semua harus diantisipasi, jangan sampai ada korban,’’ tegasnya. (nal/ns)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'BI Kediri Gelar Bazar Pangan Murah Ramadhan 2024':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO