Rabu, 20 Maret 2019 17:18

Jelang Arus Mudik, PT KAI Daop VII Intensifkan Perbaikan Rel Kereta

Rabu, 15 Juni 2016 20:52 WIB
Wartawan: Rony Suhartomo
Jelang Arus Mudik, PT KAI Daop VII Intensifkan Perbaikan Rel Kereta
Pekerja sedang memperbaiki rel kereta yang mulai ambles di perlintasan kereta Bandar Kedungmulyo. foto: RONY S/ BANGSAONLINE

JOMBANG, BANGSAONLINE.com - PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daerah Operasional (Daop) VII semakin mengintensifkan perbaikan rel yang akan dilintasi kereta menjelang mudik Lebaran di sejumlah wilayah di Kabupaten Jombang. Hal ini dilakukan untuk mencegah terjadinya kecelakaan KA.

Seperti yang terlihat di perlintasan KA di Kecamatan Bandar Kedungmulyo, Kabupaten Jombang. Sejumlah pekerja tampak tengah mengganti sejumlah bantalan rel KA yang mulai rusak. Selain itu. Para pekerja juga menaikan rel KA yang mulai ambles.

"Kami melakukan perbaikan rel KA di perlintasan ini. Karena kondisi rel sudah amblas, sehingga kurang tinggi," ujar Fauzan kepala regu perbaikan jalur KA PT KAI Daop VII Kepada wartawan, Rabu (15/6).

Menurut Fauzan, perbaikan ini sengaja dilakukan sebelum arus mudik tiba. Sebab, dipastikan, dua pekan ke depan, perlintasan ini akan dipadati para pemudik.

"Sudah tiga hari ini kita kerjakan, nanti sore paling sudah selesai. Sehingga, saat mudik lebaran nanti, kondisi jalan diperlintasan yang amblas ini tidak mengganggu arus lalulintas," ungkapnya.

Tak hanya itu, perbaikan ini dilakukan juga untuk mencegah terjadinya kecelakaan lalulintas baik kecelakaan KA sendiri maupun para pengguna jalan lain, seperti mobil atau.sepeda motor. Sebab, tidak jarang roda kendaraan selip saat melintas di perlintasan KA.

"Kalau ada kendaraan yang mengalami selip saat di perlintasan kereta itu biasanya karena faktor relnya amblas seperti ini. Sehingga ini juga berbahaya bagi pengguna jalan lain, tidak hanya untuk kereta api saja," terangnya.

Sementara, dikonfirmasi secara terpisah, Humas Daop VII Madiun, Supriyanto mengatakan, perbaikan jalur di perlintasan KA ini tidak hanya terjadi di wilayah Jombang saja. Ia menyebut ada beberapa titik di berbagai kota yang saat ini sedang dikebut perbaikannya.

"Sekarang ini perbaikan yang kami.lakukan untuk jalur perlintasan KA selain di Jombang ada juga di Nganjuk dan Saradan. Targetnya sepekan ini bisa selesai seluruhnya," ungkapnya.

Supriyanto mengakui, memang di beberapa perlintasan KA di jalur nasional mengalami penurunan atau ambles. Hal itu disebabkan karena lalulalang truk dengan muatan yang sangat berat. Sehingga, PT KAI mau tidak mau harus melakukan perbaikan secara berkala untuk mencegah terjadinya kecelakaan.

"Sebenarnya ini masuk dalam perawatan rutin setiap saat. Kebetulan saat ini bersamaan dengan menjelang arus mudik lebaran. Namun, kita targetkan sebelum masa angkutan lebaran, baik jalur rel KA maupun perlintasan sudah selesai perbaikannya. Sehingga tidak mengganggu jalannya arus mudik nantinya," tandasnya. (ony/dio/rev)

Polda Jatim Gerebek Pabrik Makanan Ringan Berbahan Tawas dan Bumbu Kadaluarsa di Sidoarjo
Jumat, 15 Maret 2019 05:14 WIB
SIDOARJO, BANGSAONLINE.com - Tim Satgas Pangan Polda Jatim menggerebek pabrik produksi makanan ringan (snack) di Dusun Dodokan, Desa Tanjungsari, Taman, Sidoarjo, Kamis (14/3). Dalam penggerebekan ditemukan bahan baku berbahaya dan kadaluarsa y...
Selasa, 19 Februari 2019 16:59 WIB
BANGSAONLINE.com - Februari udah mau abis aja nih... Saygon Waterpark punya banyak banget promo menarik buat kalian di bulan Februari ini. Ayo... jangan sampai ketinggalan ya...1. Romantic Moment, Berdua Lebih HematBuat kalian yang dateng berdua sama...
H. Suparto Wijoyo
Rabu, 20 Maret 2019 10:57 WIB
Oleh: H. Suparto Wijoyo*PAPUA menghadirkan duka pada saat yang nyaris setarikan nafas panjang atas tragedi yang menimpa Jamaah shalat Jumat di Masjid An Noor, Christchurch, Selandia Baru, Jumat 15 Maret 2019. 49 orang tewas akibat pemberondongan...
Minggu, 17 Maret 2019 23:15 WIB
Dr. KH A Musta'in Syafi'ie M.Ag
Oleh: Dr. KH A Musta'in Syafi'ie M.Ag28. Wa-immaa tu’ridhanna ‘anhumu ibtighaa-a rahmatin min rabbika tarjuuhaa faqul lahum qawlan maysuuraanDan jika engkau berpaling dari mereka untuk memperoleh rahmat dari Tuhanmu yang engkau harapkan, maka kat...
Dr. KH. Imam Ghazali Said.
Jumat, 01 Februari 2019 11:02 WIB
>>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Dr. KH. Imam Ghazali Said. SMS ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<&...