Jumat, 29 Mei 2020 07:28

Pansus RPJMD DPRD Gresik Sesalkan Banyak Program tak Sesuai Janji Bupati-Wabup

Senin, 23 Mei 2016 15:59 WIB
Pansus RPJMD DPRD Gresik Sesalkan Banyak Program tak Sesuai Janji Bupati-Wabup
DPRD Gresik ketika paripurna RPJMD. foto: syuhud/ BANGSAONLINE

GRESIK, BANGSAONLINE.com - Tim Panitia Khusus (Pansus) DPRD Gresik yang membahas Rancangan Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) tahun 2016-2021, bekerja ekstra maraton untuk menuntaskan pembahasan.

Belum lama ini, Pansus RPJMD melakukan konsultasi ke Departemen Dalam Negeri (Depdagri). Hasilnya, Pansus diminta untuk memelototi program-program yang tertuang di RPJMD.

"Di sana apakah program-program yang pernah dijanjikan oleh Bupati-Wabup, Sambari Halim Radianto-Moh.Qosim, sudah masuk apa belum. Terus, apakah program sudah sesuai dengan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN), atau tidak," kata anggota Pansus RPJMD tahun 2016-2021, Mustajab, Senin (23/5).

Menurut dia, dari hasil pembahasan sementara Pansus RPJMD, ternyata banyak program yang telah dijanjikan Bupati-Wabup, tidak masuk dalam draft RPJMD.

Program dimaksud, tegas Mustajab di antaranya, soal penuntasan penanganan Kali Lamong. Di mana, dalam RPJMD tersebut tidak ada program konkret yang akan dilakukan untuk mengatasi Kali Lamong agar tidak kembali meluap pada saat musim hujan.

"Padahal, Bupati-Wabup saat kampanye Pilkada 2015 berjanji kepada masyarakat akan lakukan normalisasi Kali Lamong agar tidak kembali meluap," ungkapnya.

Kemudian, program pengentasan kemiskinan di Kabupaten Gresik yang angkanya masih mencapai di atas 13 persen lebih. "Di RPJMD itu tidak ada program yang bisa dijanjikan untuk mengatasi program pengentasan kemiskinan," jelas Mustajab

Program di maksud misalnya, soal membuka lapangan pekerjaan untuk mengurangi angka pengangguran. Di RPJMD tersebut tidak ada jaminan kalau ada lowongan pekerjaan, maka pekerja yang diambil dari warga asli Gresik.

Sementara praktiknya selama ini, pekerja di Kabupaten Gresik, mayoritas berasal dari luar Gresik. "Bisa dicek di hampir 1.300 lebih perusahaan di Gresik, pekerjanya asal Gresik hanya sekian persen. Kebanyakan dari luar Gresik," terangnya.

Selain itu, program penyediaan air bersih yang menjangkau semua masyarakat di Kabupaten Gresik, mulai perkotaan hingga perdesaan. Bupati-Wabup saat kampanye menjanjikan kepada masyarakat akan mencukupi kebutuhan air bersih.

Caranya, Bupati-Wabup akan memanfaatkan Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM). Pemkab akan membuatkan sumur bor atau Air Bawah Tanah (ABT) untuk mencukupinya. "Namun sejauh ini, program itu juga tidak muncul di RPJMD," cetus politisi senior FPAN asal Sidayu ini.

Dan yang lebih mencengangkan, tambah Mustajab, janji Bupati yang akan bisa membukukan APBD Gresik hingga tahun 2021 sebesar Rp 8 Triliun. "Nyatanya, di RPJMD tahun 2016-2021, hanya tercatat kemampuan APBD hingga Rp 6,5 Triliun. Sehingga, masih kurang Rp 1,5 Triliun," katanya.

Mustajab menambahkan, bahwa pembahasan RPJMD di tingkat Pansus belum rampung. Karena itu, sebelum dilakukan finalisasi, Pansus akan lakukan koreksi dan penyempurnaan. "Kami berharap apa yang telah dijanjikan Bupati-Wabup saat kampanye Pilkada bisa terakomodir dalam RPJMD," pungkasnya. (hud/rev)

Disnak Jatim Pastikan Telur yang Beredar Aman dan Sehat untuk Dikonsumsi
Rabu, 20 November 2019 13:57 WIB
Kepala Disnak Jatim, Wemmi Niamawati melakukan kampanye telur ayam Jawa Timur sehat, bebas zat beracun bersama staf di halaman Kantor Disnak Jatim.Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur dengan melaksanakan kampanye "Telur Ayam Jawa Timur Sehat Bebas Za...
Rabu, 11 Maret 2020 22:53 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Keindahan alam di Jawa Timur adalah potensi wisata yang luar biasa. Salah satunya, Taman Wisata Genilangit di Kecamatan Poncol, Kabupaten Magetan. Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa datang langsung ke ikon wisata di...
Sabtu, 23 Mei 2020 12:36 WIB
Oleh: Firman Syah AliSaat ini gelar Habib sedang populer di Indonesia karena beberapa peristiwa. Diantaranya Insiden Habib Umar Abdullah Assegaf Bangil dengan mobil sedan mewah Nopol N 1 B diduga melanggar peraturan pemerintah tentang pembatasan sosi...
Selasa, 26 Mei 2020 23:54 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*22. Sayaquuluuna tsalaatsatun raabi’uhum kalbuhum wayaquuluuna khamsatun saadisuhum kalbuhum rajman bialghaybi wayaquuluuna sab’atun watsaaminuhum kalbuhum qul rabbii a’lamu bi’iddatihim maa ya’lamuhum...
Rabu, 13 Mei 2020 11:23 WIB
>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A. SMS ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <&...