Kinerja Dispendukcapil Jombang Dikeluhkan, Pembuatan KK dan KTP Hasus Tunggu 2 Bulan Lebih

Kinerja Dispendukcapil Jombang Dikeluhkan, Pembuatan KK dan KTP Hasus Tunggu 2 Bulan Lebih Kantor Dispendukcapil Kabupaten Jombang. foto: romza/ BANGSAONLINE

JOMBANG, BANGSAONLINE.com - Warga mengeluhkan pelayanan di Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dispendukcapil) Kabupaten Jombang, Jawa Timur. Keluhan itu dikarenakan pembuatan Kartu Keluarga (KK) Baru dan Kartu Tanda Penduduk elektronik (E-KTP) memakan waktu hingga 2 bulan lebih.

Selain menunggu lama penyelesaian KK, saat antre di Dispendukcapil juga harus berjam-jam. "Saat tiba nomor antrean, eh KKnya ternyata belum selesai dan harus menunggu lagi," kata Muhamad Gufron (30), warga Kecamatan Disel saat ditemui di kantor Dispendukcapil Kabupaten Jombang, Jumat (20/5).

Gufron menambahkan, Seharusnya mekanisme administrasi kependudukan yang ada di Dispendukcapil Jombang dirubah. Supaya tidak terjadi antrean yang panjang saat pengurusan administrasi KK, E-KTP maupun lainnya.

"Kasian kan yang rumahnya jauh terus datang untuk mengambil KK atau KTP sudah antre berjam-jam, ternyata kartunya belum jadi," imbuh bapak satu anak ini.

Senada dikatakan Anjar Pristian (23), pemuda asal Kecamatan Sini. Ia mengaku, dirinya harus menunggu lagi untuk mengambil pembaruan KTP-nya yang hilang.

"Padahal semua administrasi sudah saya lengkapi, datang ke kantor kecamatan, disuruh langsung ke sini, namun di sini antrinya sudah panjang," ujarnya.

Ia melanjutkan, dirinya ingin segera KTP-nya diterbitkan karena pekan depan akan merantau keluar pulau jawa untuk bekerja. "Sudah dapat panggilan kerja di Kalimantan mas, jika tidak punya KTP kan gak enak ketika diperantauan, dan kabarnya pemgambilan KTP di dispendukcapil tidak bisa diwakilkan," pungkasnya.

Sementara itu, pantauan di kantor Dispendukcapil Kabupaten Jombang, sembilan loket administrasi kependudukan yang disediakan sudah dipenuhi antrean warga yang mengurus administrasi kependudukan. Tidak hanya dalam ruangan, warga juga meluber hingga depan kantor yang berada di lingkungan gedung Pemerintah Kabupaten Jombang tersebut. (jbg1/dio/rev)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO