​Resahkan Warga, Pengajian MTA di Ronowijayan Ponorogo Dibubarkan

​Resahkan Warga, Pengajian MTA di Ronowijayan Ponorogo Dibubarkan Puluhan warga mendatangi balai kelurahan Ronowijayan.

PONOROGO, BANGSAONLINE.com - Puluhan warga Kelurahan Rojowijayan, Kecamatan Siman, Kabupaten Jawa Timur membubarkan Majelis Tafsir Al Qur’an (MTA) di rumah kontrakan Nurbudi, pada Rabu (4/5) malam.

Warga juga melakukan penyegelan rumah Nurbudi lantaran acara ini dianggap meresahkan masyarakat. Semula warga berusaha melakukan penyelesaian dengan cara musyawarah di kantor Kelurahan. Namun musyawarah yang berlangsung sampai larut malam itu berjalan alot.

Warga resah karena ajaran MTA ini dianggap tak sesuai dengan ajaran Islam yang dianut warga sehingga mereka mengajukan keberatan kepada Nurbudi selaku penyelenggara kegiatan MTA. .

Kiai Sholeh, salah satu tokoh setempat, mengatakan warga sudah sepakat tidak memberikan ijin kegiatan MTA di Ronowijayan. Mereka dan menuntut agar kegiatan MTA dihentikan.

“Warga tidak mengijinkan kegiatan MTA dalam bentuk apapun di lingkungan sini, karena sangat meresahkan. Dan setelah dipelajari ajaran MTA tidak sesuai dengan ajaran yang dianut warga setempat, “ imbuhnya.

Tetapi Nurbudi tidak mengubris permintaan warga. Ia tetap bersikukuh menyelenggarakan kegiatan dengan dalih rumahnya sudah dikontrak selama beberapa tahun oleh MTA. Perselisihan itu kemudian dibawa ke kelurahan dengan menghadirkan Muspika kecamatan Siman dan beberapa pihak lain termasuk MUI dan tokoh masyarakat.

Puluhan warga beserta tokoh masyarakat yang hadir sepakat kegiatan MTA dihentikan. Namun Nurbudi ngotot tidak mau memberikan pernyataan kepada warga setempat untuk tidak melaksanakan MTA di rumah kontrakanya tersebut.

Dalam sidang yang digelar di balai Kelurahan Ronowijayan terungkap, bahwa rumah yang ditempati Nurbudi tersebut berdiri di atas tanah milik Naryo. Dan selaku pemilik tanah yang sah, Naryo mengaku juga keberatan rumahnya yang dikontrak Nurbudi digunakan untuk kegiatan MTA.

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO