Pengangguran di Jombang Meningkat, Jumlah Penerima KIS Ikut Meningkat

Pengangguran di Jombang Meningkat, Jumlah Penerima KIS Ikut Meningkat Kantor Dinsosnakertrans Jombang. foto: rony suhartomo/ BANGSAONLINE

JOMBANG, BANGSAONLINE.com - Salah satu pemicu penambahan penerima (KIS) 2016 di Kabupaten Jombang Jawa Timur yaitu jumlah angka pengangguran yang menembus angka 43.500 orang. Hal ini diungkapkan oleh Kasi Pembinaan Partisipasi Sosial Masyarakat (Parsosmas) Dinsosnakertrans Kabupaten Jombang, Yuli Sugiarti.

"Jumlah tersebut (pengangguran, red) menjadi salah satu pemicu bertambahnya penerima (KIS) di kabupaten Jombang. Dari sebelumya 517.347 jiwa menjadi 550.845 jiwa," ujarnya saat ditemui wartawan di kantornya, Selasa (19/4).

Menurut Yuli, selain memicu bertambahnya jumlah penerima KIS, angka pengangguran di Kabupaten Jombang juga membuat pemohon peserta Badan Penyelenggara Jaminan Sosial. (BPJS) beralih kepersertaan. Yakni dari Peserta Penerima Upah menjadi peserta mandiri.

"Setiap hari ada saja yang mengurus surat untuk peralihan kartu dari pesrta BPJS penerima upah menjadi peserta BPJS Mandiri," imbuhnya.

Sebagaimana diberitakan sebelumnya, sebanyak 33.498 warga di kabupaten Jombang dipastikan akan menerima tambahan salah satu dari tiga kartu sakti presiden Joko Widodo. Hal ini terjadi setelah Kementerian Sosial melakukan validasi ulang terhadap data yang diajukan oleh Dinas Sosial Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Dinsosnakertrans) Kabupaten Jombang. (ony/dio/rev)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO