Menteri Darmin: Bonus Demografi Jakarta Bisa Jadi Berkah dan Bencana

Menteri Darmin: Bonus Demografi Jakarta Bisa Jadi Berkah dan Bencana

JAKARTA, BANGSAONLINE.com - Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution menyebutkan dari segi pengendalian inflasi dan pertumbuhan ekonomi saat ini Ibu Kota Jakarta lebih baik dibandingkan daerah lain di Indonesia.

Dengan kondisi tersebut, Jakarta sebagai daerah khusus sudah sewajarnya menjadi pusat perekonomian negara. Selain itu, tentu merupakan tempat bermukim orang khusus yang ada di atas rata-rata nasional mulai dari Presiden, Menteri dan pejabat pemerintah.

Demikian hal Itu disampaikan Mentri Darmin dalam sambutannya di acara pembukaan Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) DKI Jakarta 2016, Kamis (14/4) di Balai Agung, Balai Kota Jakarta.

Ditambahkan Darmin, jumlah penduduk di wilayah Jakarta juga menjadi ketergantungan masyarakatnya menunjukkan angka yang lebih baik di mana orang yang bekerja sudah lebih banyak dari pada yang nganggur. Lanjut Darmin, ini memmberkan keuntungan dengan bonus demografi Jakarta dan depedensi rasio agak kecil.

"Tapi secara nasional di mana orang yang kerja masih lebih kecil dari yang tidak, maka sebenarnya belum siap untuk mewujudkan bonus demografi," katanya.

Darmin juga memaparkan indeks pembangunan manusia di Jakarta berada di atas rata-rata, yakni tercatat 78,39. Sementara secara nasional diangka 68,9.

"Pada tahun (2014,red) DKI Jakarta sudah dalam posisi lebih baik secara Nasional. Ini menunjukkan bonus demo itu bisa menjadi berkah, tapi bisa juga menjadi bencana. Yang penting syarat utamanya adalah yang bekerja lebih banyak," pungkasnya. (jkt1/rev)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'SNG Cargo: Warna Baru Industri Logistik di Indonesia':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO