Asap di Baureno Bojonegoro Mulai Hilang

Asap di Baureno Bojonegoro Mulai Hilang

BOJONEGORO, BANGSAONLINE.com - Asap berwarna putih kecoklatan yang muncul dari dasar bumi di sekitar pemukiman warga RT 06/RW 03 Dukuh Karang Gayam, Desa Blongsong, Kecamatan Baureno, Bojonegoro, kemarin pagi sudah mulai hilang, Senin (12/4).

"Alhamdulillah mulai tadi pagi sudah hilang. Tadi malam masih keluar asapnya, kami takut sekali," ujar salah satu warga, Supriyanto.

Kemarin siang hingga tadi malam, warga sempat merasa panik setalah asap muncul disertai bau gas menyengat. Namun, sejak pagi tadi warga sekitar sudah mulai tenang.

Kabid Pengkajian dan Laboratorium, Badan Lingkungan Hidup (BLH) Bojonegoro, Herry Susanto mengatakan, munculnya rembesan asap itu ditengarai dari fosil, sampah maupun gas bumi.

"Asap yang keluar banyak mengandung nitrogen (NO) karena keluar dari tanah yang lembab. Asapnya tidak membahayakan," ujarnya.

Menurut dia, asap dari dasar tanah itu karena fosil, sampah dan gas bumi yang merupakan bahan-bahan organik yang bisa menghasilkan nitrogen. Karena panas bumi, sehingga muncul asap. Herry menambahkan, asap yang muncul itu berada di tanah yang lembab dan berada di tempat yang tinggi.

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO