Suberi Ajak Masyarakat Gresik Utara Bantu Perbanyak Lahan Pertanian Subur

Suberi Ajak Masyarakat Gresik Utara Bantu Perbanyak Lahan Pertanian Subur Anggota DPRD Gresik, Suberi. foto: syuhud/ BANGSAONLINE

GRESIK, BANGSAONLINE.com - Jeda waktu 26 Maret-Mei 2016 yang dimiliki oleh 50 anggota tidak disia-siakan mereka untuk mensosialisasikan Perda (peraturan daerah) yang sudah disahkan.

Anggota FPD (Fraksi Partai Demokrat) , Seberi, SH, misalnya. Dia berusaha semaksimal mungkin agar semua masyarakat tahu tentang Perda yang sudah dibikin oleh DPRD.

Kali ini, Suberi mensosialisasikan Perda Nomor 07 Tahun 2015, tentang perlindungan lahan pertanian berkelanjutan.

"Dengan sosialisasi Perda ini saya mengajak masyarakat Gresik utara, khususnya dan masyarakat Gresik pada umumnya untuk menjaga lahan pertanian subur sampai kapan pun," kata Suberi, Minggu (3/4).

"Bahkan, saya mengajak masyarakat petani untuk membantu pemerintah untuk memerluas lahan pertanian subur," sambungnya.

Menurut Suberi, Kabupaten Gresik pertumbuhan investasinya sangat pesat. Hal ini diiringi dengan pertumbuhan industri yang sangat padat.

Di wilayah Gresik Utara misalnya, banyak lahan seperti wilayah di Kecamatan Manyar yang dulunya lahan pertanian dijual pemiliknya kepada pengusaha. Lalu, lahan tersebut dikonversi menjadi industri seperti pabrik dan pergudangan.

Namun, sejauh ini lahan-lahan yang alih fungsi menjadi pabrik dan pergudangan tersebut, bukan kategori lahan subur untuk areal pertanian.

DPRD lanjut Suberi, tidak menghendaki kalau petani terus-terusan menjual lahannya kepada pengusaha. Karena itu, DPRD dan Pemkab Gresik membuat regulasi Perda Nomor 07 Tahun 2015, tentang perlindungan lahan pertanian berkelanjutan.

"Perda ini sangat perlu untuk melindungi agar lahan pertanian di Kabupaten Gresik tidak terus berkurang," jelas politisi senior Partai Demokrat asal Kecamatan Sidayu ini.

Menurut Suberi, dengan regulasi Perda tersebut, Pemkab Gresik dan berkomitmen untuk terus mengajak masyarakat untuk mengembangkan lahan pertanian di Kabupaten Gresik.

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO