​Hidupkan Sumber Mata Air, Jurnalis Kediri dan Perhutani Lakukan Penghijauan

​Hidupkan Sumber Mata Air, Jurnalis Kediri dan Perhutani Lakukan Penghijauan Wakil Bupati Kediri Masykuri saat menanam pohon di perbukitan wilayah Desa Tarokan Kabupaten Kediri. foto: arif kurniawan/ BANGSAONLINE

KEDIRI, BANGSAONLINE.com - Dalam rangka hari air dunia, jurnalis gowe kediri (JGK) bersama Perhutani kediri melakukan penghijauan di kawasan perbukitan Desa Tarokan Kabupaten , Selasa (22/3) pagi.

Uniknya, dalam penghijauan ini, untuk menuju lokasi yang berada di perbukitan, para jurnalis bersama Perhutani dan juga wakil Bupati Masykuri menaiki sepeda pancal.

Sesampainya dilokasi yang medannya cukup berat para jurnalis dibantu anggota TNI langsung melakukan penanaman 1500 bibit berbagai macam jenis tanaman. "Cukup lelah juga sampai diatas sini, medannya selain menanjak, ada beberapa jalan yang belum beraspal," ujar Andhimas Budi kontributor kompas TV yang juga anggota JGK.

Sementara itu, kepala pemangku hutan (KPH) Maman mengatakan, penghijauan ini dilakukan dalam rangka memperingati hari air sedunia. Sebab, ada beberapa titik mata air yang rusak, karena kurangnya tanaman.

"Ada dua titik mata air yang rusak, makanya untuk melestarikan, kami mengajak jurnalis gowe kediri untuk bersama-sama menanam pohon," ujarnya.

Ada 1500 bibit yang disediakan dan akan ditanam dihutan wilayah KPH . Untuk tanaman lahan produktif akan ditanami buah mangga, Alpokat dan Durian. Sementara untuk hutan lindung ada tanaman jenis trembesi, jati dan karet serta bambu untuk menghidupkan mata air. "Kami sediakan macam-macam tanaman, sesuai dengan fungsi dilokasi masing-masing," ujarnya.

Sementara itu, guna mendukung penghijauan ini, pihak Kodim 0809 mengerahkan 150 personil untuk menanam diperbukitan. "Kami siapkan sekitar 150 anggota untuk membantu menanam pohon ini," ujarnya.

Terpisah, Wakil bupati Masykuri berharap, penghijauan yang dilakukan jurnalis kediri bersama Perhutani ini kedepan bisa melestarikan alam dan mengembalikan fungsinya. "Mudah-mudahkan penghijauan ini nantinya bisa bermanfaat bagi masyarakat sekitar hutan dan juga mampu mengembalikan alam sesuai fungsinya, terutama menghidupkan mata air yang mati," harapnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'BI Kediri Gelar Bazar Pangan Murah Ramadhan 2024':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO