Kamis, 21 Februari 2019 11:43

​Hidupkan Sumber Mata Air, Jurnalis Kediri dan Perhutani Lakukan Penghijauan

Selasa, 22 Maret 2016 11:14 WIB
Editor: choirul
Wartawan: arif kurniawan
​Hidupkan Sumber Mata Air, Jurnalis Kediri dan Perhutani Lakukan Penghijauan
Wakil Bupati Kediri Masykuri saat menanam pohon di perbukitan wilayah Desa Tarokan Kabupaten Kediri. foto: arif kurniawan/ BANGSAONLINE

KEDIRI, BANGSAONLINE.com - Dalam rangka hari air dunia, jurnalis gowe kediri (JGK) bersama Perhutani kediri melakukan penghijauan di kawasan perbukitan Desa Tarokan Kabupaten Kediri, Selasa (22/3) pagi.

Uniknya, dalam penghijauan ini, untuk menuju lokasi yang berada di perbukitan, para jurnalis bersama Perhutani dan juga wakil Bupati Kediri Masykuri menaiki sepeda pancal.

Sesampainya dilokasi yang medannya cukup berat para jurnalis dibantu anggota TNI langsung melakukan penanaman 1500 bibit berbagai macam jenis tanaman. "Cukup lelah juga sampai diatas sini, medannya selain menanjak, ada beberapa jalan yang belum beraspal," ujar Andhimas Budi kontributor kompas TV yang juga anggota JGK.

Sementara itu, kepala pemangku hutan (KPH) Kediri Maman mengatakan, penghijauan ini dilakukan dalam rangka memperingati hari air sedunia. Sebab, ada beberapa titik mata air yang rusak, karena kurangnya tanaman.

"Ada dua titik mata air yang rusak, makanya untuk melestarikan, kami mengajak jurnalis gowe kediri untuk bersama-sama menanam pohon," ujarnya.

Ada 1500 bibit yang disediakan dan akan ditanam dihutan wilayah KPH Kediri. Untuk tanaman lahan produktif akan ditanami buah mangga, Alpokat dan Durian. Sementara untuk hutan lindung ada tanaman jenis trembesi, jati dan karet serta bambu untuk menghidupkan mata air. "Kami sediakan macam-macam tanaman, sesuai dengan fungsi dilokasi masing-masing," ujarnya.

Sementara itu, guna mendukung penghijauan ini, pihak Kodim 0809 Kediri mengerahkan 150 personil untuk menanam diperbukitan. "Kami siapkan sekitar 150 anggota untuk membantu menanam pohon ini," ujarnya.

Terpisah, Wakil bupati Kediri Masykuri berharap, penghijauan yang dilakukan jurnalis kediri bersama Perhutani ini kedepan bisa melestarikan alam dan mengembalikan fungsinya. "Mudah-mudahkan penghijauan ini nantinya bisa bermanfaat bagi masyarakat sekitar hutan dan juga mampu mengembalikan alam sesuai fungsinya, terutama menghidupkan mata air yang mati," harapnya.

Tim PSC Dinkes Pacitan Siaga 24 Jam, Apa Saja Tugasnya?
Jumat, 01 Februari 2019 06:27 WIB
PACITAN, BANGSAONLINE.com - Dinas Kesehatan (Dinkes) Pacitan mempunyai tim public safety center (PSC) yang siaga 24 jam dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat. Apa saja tugas tim ini? Simak video berikut.
Selasa, 19 Februari 2019 16:59 WIB
BANGSAONLINE.com - Februari udah mau abis aja nih... Saygon Waterpark punya banyak banget promo menarik buat kalian di bulan Februari ini. Ayo... jangan sampai ketinggalan ya...1. Romantic Moment, Berdua Lebih HematBuat kalian yang dateng berdua sama...
Suparto Wijoyo
Rabu, 20 Februari 2019 12:01 WIB
Oleh: Suparto Wijoyo*DEBAT capres kedua telah digelar dengan segala kehormatannya pada 17 Februari 2019. Riuh tepuk tangan dan sorakan terdengar di setiap kerumunan sebagai lahan hiburan politik yang sangat komunalistik. Saya sendiri menepikan dir...
Sabtu, 16 Februari 2019 11:20 WIB
Dr. KH A Musta'in Syafi'ie M.Ag
Oleh: Dr. KH A Musta'in Syafi'ie M.AgAl-Isra': 24وَاخْفِضْلَهُمَاجَنَاحَالذُّلِّمِنَالرَّحْمَةِوَقُلْرَّبِّارْحَمْهُمَاكَمَارَبَّيٰنِيْصَغِيْرًاۗWaikhfidh...
Dr. KH. Imam Ghazali Said.
Jumat, 01 Februari 2019 11:02 WIB
>>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Dr. KH. Imam Ghazali Said. SMS ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<&...