Mabes TNI AL Setuju Hibahkan Lahan untuk Frontage Road

Mabes TNI AL Setuju Hibahkan Lahan untuk Frontage Road ?Bupati Sidoarjo H Saiful Ilah bersama jajaran Mabes TNI AL, Lantamal V TNI AL Surabaya dan TNI AL Juanda untuk membahas hibah lahan milik TNI AL untuk pembangunan frontage road Waru-Buduran di Pendopo Delta Wibawa, Rabu (7/5/2014). foto: daryanto/BANGSAONLINE

SIDOARJO (bangsaonline) - Upaya Dinas PU Bina Marga Pemkab Sidoarjo memohon hibah lahan milik AL Juanda tak sia-sia. Lahanyang dimohon di sisi timur rel Kereta Api (KA) kepada AL untuk digunakan sudah berhasil mendapat persetujuan Mabes AL.

Kesedian AL dari Mabes AL diungkapkan oleh Kol (Laut) Ngatminto selaku Paban V Litbang/Asro Slogal Mabes AL di Pendopo Delta Wibawa, Rabu (7/5) didepan Bupati Sidoarjo H. Saiful Ilah, SH, M. Hum, Wakil Bupati Sidoarjo HMG. Hadi Sutjipto, SH, MM dan Kepala Dinas PU Bina Marga Sidoarjo, Ir. H. Sigit Setyawan MMT serta jajaran pejabat Sidoarjo .

Kolonel Laut Ngatminto mengungkapkan hasil permohonan Pemkab Sidoarjo yang telah disetujui oleh pihak AL. Bahwasannya, keputusan yang dibacakan itu melalui rapat yang dilakukan di Lantamal V dan juga izin dari Wakil Kepala Staf AL. Hibah lahan yang telah disetujui itu mulai dar SMA Hang Tuah hingga Brigif 1 Marinir yang panjangnya sekitar 1,5 km.

Ditambahkan Kolonel Ngatminto, dalam hibah lahan yang ada itu ada beberapa item kompensasi yang diajukan untuk dibangun oleh Pemkab Sidoarjo. Di antaranya adalah pembangunan musala dan ruang kelas di SMA Hang Tuah Sawotratap. Musala yang terkena pembebasan lahan agar dibangunkan lagi sekaligus pembuatan pagar dan gapura seperti yang berdiri di RSAL Surabaya.

Lahan di Balur Jaltim yang terkena pembebasan, juga diganti dengan pembangunan pagar, gapura dan monumen standar RSAL Surabaya. Monumen pesawat yang ada di jalur utama atau pintu masuk Bandara Juanda juga perlu diperbaiki dan di tata letaknya agar kelihatan bagus. Sedangkan di area Brigif 1 Marinir agar dibangunkan kolam renang. Gudang amunisi yang ikut terkena kepras agar dibangunkan dengan sesuai spersifikasi agar aman.

“Gapura dan dan pagar agar sekalian dibangun. Tiga sertifikat yang terpecah untuk hibah lahan agar diurusi oleh Pemkab Sidoarjo,” ujarnya.

Lihat juga video '3 Prajurit TNI Gugur Akibat Baku Tembak di Papua':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO