Senin, 20 Mei 2019 20:41

Gus Solah Hadiri Pembangunan Pesantren Tebuireng IV di Riau

Rabu, 07 Mei 2014 18:12 WIB
Editor: Mas'ud Adnan
Gus Solah Hadiri Pembangunan Pesantren Tebuireng IV di Riau

RIAU (BangsaOnline) - Perkembangan Pesantren Tebuireng sangat spektakuler. Pesantren yang didirikan Hadratussyaikh Hasyim Asy’ari ini selain dibanjiri santri baru ,- sehingga terpaksa banyak yang ditolak karena keterbatasan asrama- , juga membuka pesantren baru di berbagai daerah, termasuk di luar Jawa.

Pengasuh Pesantren Tebuireng, KH Ir Salahuddin Wahid (Gus Solah)menuturkan, dirinya sedang berada di lokasi Pesantren Tebuireng IV di Desa Kuala Gading, Kecamatan Batang Cenaku, Kabupaten Indragiri, Hulu, Riau.

“Saya sedang menghadiri acara pengajian akbar di lokasi Pesantren Tebuireng IV,” kata Gus Solah kepada bangsaonline.com.

“Ini baru dibangun lantai I. Insyaalah tahun ini tiga lokal bisa dipakai. Mohon doa supaya bisa segera selesai,” tutur adik kandung Presiden RI ke-4 KH Abdurrahman Wahid (Gus Dur) itu.

Seperti diketahui, Pesantren Tebuireng adalah pesantren yang didirikan Mbah Hasyim (panggilan akrab Hadratussyaikh Hasyim Asy’ari) yang kini berlokasi di Tebuireng Jombang. Pesantren ini sangat populer karena selain menjadi markas perlawanan terhadap penjajah dalam perang kemerdekaan Republik Indonesia juga banyak melahirkan kiai-kiai besar di seluruh Indonesia, terutama di Jawa.
Hampir semua pendiri dan pengasuh pesantren besar di Jawa pernah jadi santri Mbah Hasyim Asy’ari. Mereka diantaranya RKH As’ad Saymsul Arifin yang kemudian mendirikan Pesantren Salafiyah Safiiyah di Situbondo, KH Ahmad Shidiq, yang kemudian mendirikan pesantren besar di Jember dan banyak kiai besar lainnya. Bahkan, Syaikhona Kholil bin Abdul Latif Bangkalan kabarnya juga pernah nyantri ke Mbah Hasyim selama bulan puasa. Padahal Mbah Hasyim adalah santri Kiai Kholil Bangkalan.

Mbah Hasyim juga dikenal sebagai pendiri Nahdlatul Ulama (NU) bersama kiai lainnya seperti KH Abdul Wahab, KH Bisri Syansuri, KH Ridwan, Kiai Kholil Bangkalan dan kiai besar lainnya. NU adalah ormas Islam terbesar di Indonesia. Para pengamat memperkirakan jumlah anggota NU kini mencapai 90 juta lebih.

Mbah Hasyim sendiri dianugrahi gelar pahlawan nasional oleh pemerintah Indonesia sebagai penghargaan atas perjuangannya melawan penjajah. Begitu juga puteranya, KHA Wahid Hasyim (ayah Gus Dur dan Gus Solah), dianugrahi gelar pahlawan nasional sebagai penghargaan atas perjuangannya melawan cengkeraman penjajah.

Menurut Gus Solah, pesantren II telah dibangun di Desa Jombok Kecamatan Ngoro, Kabupaten Jombang. “Ini untuk pesantren sains,” kata Gus Solah. Pesantren Tebuireng II yang dispesifikasin sebagai pesantren sains ini dibangun di atas tanah seluas 4 hektare.

Sementara Pesantren Tebuireng III dibangun di Desa Petalongan, Kabupaten Indragiri, Hili, Riau.

Bandeng Jelak Khas Kota Pasuruan yang Tinggi Protein, Yuk Makan Ikan!
Minggu, 28 April 2019 01:01 WIB
PASURUAN, BANGSAONLINE.com - Kali ini Shania Indira Putri, Duta Gemarikan Kota Pasuruan, melihat lebih dekat bagaimana proses pemanenan ikan Bandeng Jelak khas Kota Pasuruan. Sekali panen, ikan ini air tawar ini bisa menghasilkan 600 hingga 120...
Selasa, 26 Maret 2019 21:54 WIB
MADIUN, BANGSAONLINE.com - KAI Daop 7 ajak beberapa wartawan wilayah Madiun, mulai dari wartawan cetak, online, dan televisi, ke tempat bangunan bersejarah Lawang Sewu dan Stasiun Ambarawa, Selasa (26/3). Kegiatan ini dilakukan selama dua hari (25-26...
Suparto Wijoyo
Jumat, 17 Mei 2019 00:26 WIB
Oleh: Suparto Wijoyo*RAMADHAN memang penuh segalanya secara apik, termasuk berderet karunia dengan segenap undangan berbuka puasa secara bersama-sama. Ini sangat fenomenal bagi saya yang sejak semula berpuasa bukan untuk meminimalisir perbelanjaan...
Sabtu, 18 Mei 2019 12:13 WIB
Dr. KH A Musta'in Syafi'ie M.Ag
Oleh: Dr. KH A Musta'in Syafi'ie M.Ag41. Walaqad sharrafnaa fii haadzaa alqur-aani liyadzdzakkaruu wamaa yaziiduhum illaa nufuuraanDan sungguh, dalam Al-Qur'an ini telah Kami (jelaskan) berulang-ulang (peringatan), agar mereka selalu ingat. Tetapi (p...
Dr. KH. Imam Ghazali Said
Jumat, 17 Mei 2019 16:44 WIB
>>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Dr. KH. Imam Ghazali Said. SMS ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<<<...