Rabu, 21 Agustus 2019 06:29

Buah Siwalan jadi Andalan Motif Batik Lamongan

Rabu, 07 Mei 2014 14:07 WIB
Editor: Maulana
Wartawan: Haris Sugiarto
Buah Siwalan jadi Andalan Motif Batik Lamongan
Sekkab Yurohnur Effendi melihat hasil lukis motif batik buah siwalan. foto: haris/BANGSAONLINE

LAMONGAN (BangsaOnline)-Motif batik buah siwalan ditetapkan sebagai ikon batik Lamongan.


"Penetapan motif buah siwalan ini akan menambah Khasanah icon-icon batik yang ada" Ungkap Yurohnur Effendi, Sekkab Lamongan, Rabu (7/5).

Yuhronur Efendi yang sangat mengapresiasi pengrajin batik yang ada di Lamongan. Menurutnya,
Pemkab Lamongan memberikan apresiasi setinggi-tingginya kepada para perajin batik dan sangat mendukung untuk mengembangkannya.

''Oleh karena itu acara semacam ini merupakan sarana tepat untuk meningkatkan promosi sehingga kerajinan batik akan terus tumbuh berkembang yang nantinya menjadi sarana ekonomi produktif sehingga dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat,'' jelasnya.

Sementara itu, Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Lamongan Mahdumah Fadeli mengaku bangga dengan motif batik buatan "arek Lamongan".

"Ini menunjukkan kalau motif batik Lamongan banyak ragam dan corak" ungkapnya.

Dalam seminar batik itu juga diserahkan piala lomba melukis batik yang diserahkan langsung Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Lamongan Mahdumah Fadeli. Dalam seminar tersebut, Ketua Dekranasda Lamongan Mahdumah Fadeli menyerahkan piala kepada para juara lomba desain batik. Lomba yang diikuti oleh 39 pelajar SLTP, 40 pelajar SLTA dan 63 peserta umum telah dinilai di hari sebelumnya.

Untuk Juara 1 tingkat SLTP diraih oleh M. Nouval Rizqi Al Fawi dari SMPN 1 Lamongan dengan judul karya Siwalan, Juara 2 Dhika Erlanda dari SMPN 3 Lamongan dengan judul Bandeng Lele Semerbak Melati, dan Juara 3 Rizka Sandra Amelia dari SMPN 1 Lamongan dengan judul Pesona Pantura.

Selanjutanya, Juara 1 Tingkat SLTA yakni Helvy Indah Cahyani dari SMAN 1 Paciran dengan judul Happy Lamongan Batik, Juara 2 oleh Desy Susanti dari SMAN 1 Paciran dengan judul Raja Bahari, dan Juara 3 Fackhrudin Isnaeni dari SMKN 1 Kalitengah dengan judul Indahnya Hasil Laut.

Dalam acara yang dihadiri oleh 160 undangan yang terdiri dari SKPD, Camat, Pengrajin dan Pengamat batik serta guru kesenian ini dihadirkan narasumber dari Balai Besar Kerajinan Batik Yogyakarta Agus Haerudin.

Bandeng Jelak Khas Kota Pasuruan yang Tinggi Protein, Yuk Makan Ikan!
Minggu, 28 April 2019 01:01 WIB
PASURUAN, BANGSAONLINE.com - Kali ini Shania Indira Putri, Duta Gemarikan Kota Pasuruan, melihat lebih dekat bagaimana proses pemanenan ikan Bandeng Jelak khas Kota Pasuruan. Sekali panen, ikan ini air tawar ini bisa menghasilkan 600 hingga 120...
Jumat, 09 Agustus 2019 19:52 WIB
KEDIRI, BANGSAONLINE.com - Kabupaten Kediri memiliki destinasi wisata baru bernama Dewi Cemara. Obyek wisata berbasis pertanian dan peternakan di Desa Kedung Malang, Kecamatan Papar, Kabupaten Kediri ini telah diresmikan oleh Gubernur Jawa Timur...
Minggu, 11 Agustus 2019 17:36 WIB
Oleh: Em Mas’ud AdnanPeta politik Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) di Kota Surabaya kembali berubah. Awalnya ada tiga kekuatan kubu politik di internal PDIP Kota Surabaya. Kubu Wihsnu Sakti Buana (wakil wali kota Surabaya), Bambang...
Senin, 19 Agustus 2019 01:09 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag58. wa-in min qaryatin illaa nahnu muhlikuuhaa qabla yawmi alqiyaamati aw mu’adzdzibuuhaa ‘adzaaban syadiidan kaana dzaalika fii alkitaabi masthuuraanDan tidak ada suatu negeri pun (yang durhaka penduduk...
Sabtu, 17 Agustus 2019 11:29 WIB
>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Dr. KH. Imam Ghazali Said. SMS ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<<<<...