Dibandingkan Tahun Lalu, Jumlah Korban DBD di Sampang Menurun

Dibandingkan Tahun Lalu, Jumlah Korban DBD di Sampang Menurun Dr. Firman Pria Abadi, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Sampang. foto: bahri/ BANGSAONLINE

SAMPANG, BANGSAONLINE.com - Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Sampang, dr Firman Pria Abadi, mengungkapkan kasus Demam Beradarah Dengue (DBD) belum bisa berstatus Kejadian Luar Biasa (KLB). Hal itu dikarenakan kasus DBD di daerahnya tergolong relatif aman.

“Kasus DBD di Sampang tidak berstatus KLB, karena untuk berstatus KLB banyak syaratnya, di antaranya peningkatan jumlah korban. Alhamdulillah tahun ini masih dikategorikan aman,” katanya kemarin.

Kadis Kesehatan ini menjelaskan, terhitung sejak bulan Januari 2016 hingga kini, jumlah penderita DBD di Kabupaten Sampang tidak lebih dari 200 orang.

“Jumlahnya di Januari dan Februari tahun ini lebih rendah dari tahun 2015. Kalau sekarang jumlahnya tidak lebih dari 200 penderita,” jelasnya.

Firman Pria Abadi mengambahkan, kasus DBD di Kabupaten Sampang pada tahun 2016 mengalami penurunan hingga 60 persen dari tahun sebelumnya.

Namun, meski menurun, Firman mengimbau kepada masyarakat untuk lebih meningkatkan kebersihan lingkungan dan juga memberantas sarang nyamuk dengan 3 M agar kasus DBD tidak meluas. (hri/rev)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO