Mayday di Mojokerto, Pabrik Mebel Hangus Terbakar

MOJOKERTO (bangsaonline) - Seolah menandai peringatan Hari Buruh sedunia, 1 Mei, sebuah pabrik mebel di Desa Perning, Kecamatan Jetis, Mojokerto ludes terbakar, Kamis (1/5). persis dihari yang populer disebut mayday itu diduga bersumber dari sebuah oven kayu yang suhunya melebihi batas normal hingga membakar kayu.

Kapolsek Jetis Kompol Johar Nawawi mengatakan, api pertama kali muncul dari sebuah ruang oven kayu. Menurutnya, munculnya api diduga karena suhu oven diatas batas normal. "Kejadiannya sekitar pukul 08.00 WIB. Saat pekerja membuka pintu belakang oven, api sudah muncul,” cetusnya, Kamis (1/5/2014).

Dia menambahkan, karena suhu dalam oven terlalu tinggi sehingga membakar kayu di dalam ruangan. Seharusnya 60-80 derajat celcius, agar cepat kering distel pada suhu 120 derajat celcius.

Johar menambahkan, banyaknya tumpukan kayu kering di pabrik milik Tan Kun Tek, warga Surabaya ini, membuat api cepat menyambar ke seisi ruangan. Pekerja yang panik segera menghubungi polisi dan pemadam kebaran. "Ada empat mobil PMK (Pemadam ) yang ikut memadamkan api. Api bisa dipadamkan sekitar pukul 10.30 WIB. Dari empat ruang oven, hanya satu ruangan yang terbakar," ungkapnya.

Beruntung tidak ada korban jiwa dalam peristiwa ini. Namun cukup ironis, di saat peringatan hari buruh, para pekerja di pabrik ini tidak diliburkan. "Dari 40 pekerja semuanya selamat, kerugiannya ditaksir mencapai Rp 50 juta," pungkas Kompol Johar Nawawi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Api Habiskan Rumah Warga Bulukumba':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO