​Banser Siap Lindungi eks Gafatar Asal Kabupaten Blitar

​Banser Siap Lindungi eks Gafatar Asal Kabupaten Blitar Sejumlah warga eks-Gafatar meninggalkan pemukiman mereka yang dibakar massa saat hendak dievakuasi dari kawasan Monton Panjang, Kabupaten Mempawah, Kalbar. foto: antara

BLITAR, BANGSAONLINE.com - Sedikitnya 29 orang eks anggota Gerakan Fajar Nusantara (Gafatar) asal Kabupaten akan dipulangkan dari Kabupaten Mempawah Kalimantan Barat (Kalbar). Mantan Gafatar ini berasal dari beberapa wilayah Kabupaten .

Kasatkorcab Banser Gerakan Pemuda Ansor Kabupaten , Imron Rosadi menegaskan, pihaknya siap memberikan perlindungan kepada para eks anggota Gerakan Fajar Nusantara asal Kabupaten yang yang akan dipulangkan ke kampung halaman agar bisa diterima di tengah-tengah masyarakat serta keluarganya kembali.

“Meskipun nantinya mereka sudah dibina, tidak menutup kemungkinan mereka bisa saja masih dikucilkan dan dimusuhi. Padahal meraka juga saudara kita sendiri. Karenanya kita patut melindunginya,” kata Imron Rosadi.

Imron berharap peran pemerintah daerah agar proses pemulangan eks Gafatar ini bisa berjalan lancar. Ia mengatakan Banser juga akan ikut mengawal proses pemulangan eks Gafatar ini sampai ke rumah mereka masing-masing.

Sementara itu, Pemerintah Kabupaten siap memfasilitasi rencana kepulangan sebanyak 29 orang para eks Gafatar. Kepala Bagian Humas dan Protokol Setda Pemkab , Puguh Imam Susanto menjelaskan Pemerintah Kabupaten siap memberikan fasilitas penjemputan dari Pelabuhan atau Bandara sampai ke rumah atau tempat tinggal sebelumnya. “Kami telah siap memberikan faslitas penjemputan mantan anggota Gafatar yang dipulangkan dari Kalbar,” kata Puguh.

Berdasarkan data dari Pemkab Mempawah, Kalimantan Barat, seluruh warga ini berasal dari Kecamatan Bakung, Kecamatan Kademangan dan Kecamatan Nglegok. Mereka semua itu termasuk dari 1.124 eks Gafatar yang dipulangkan dari Mempawah.

Lihat juga video 'Ikuti Google Maps, Mobil Pikap di Blitar Dilewatkan Jembatan Bambu, Nyaris Terporosok':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO