​KPU Malang Bingung dengan Isi Gugatan Paslon Dewanti-Masrifah

​KPU Malang Bingung dengan Isi Gugatan Paslon Dewanti-Masrifah Ketua KPU Kabupaten Malang, Santoko. foto: tuhu priyono/ BANGSAONLINE

MALANG, BANGSAONLINE.com - Setelah Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Malang menerima salinan materi gugatan dari Mahkamah Konstitusi (MK), pihaknya merasa bingung dengan isi dan substansi gugatan yang diajukan oleh Pasangan calon Bupati Malang, Dewanti Rumpoko-Masrifah Hadi. Pasalnya, KPU mendapati klausul isi gugatan yang dianggap tidak konsisten alias berubah-ubah.

Ketua KPU Kabupaten Malang, Santoko, mengungkapkan, sesuai UU Pilkada, gugatan yang didaftarkan adalah keberatan atas Perselisihan Hasil Pemilihan (PHP). Tetapi, kali ini, isi materi gugatan berbeda, yakni terkait penyalahgunaan APBD Kabupaten Malang yang diduga untuk menguntungkan salah satu pasangan calon.

“Tentu ini tak ada kaitannya dengan lembaga penyelanggara pemilihan, seperti KPU dan Panwas,” katanya.

Santoko menambahkan beberapa butir aduan yang diajukan pemohon Dewanti-Masrifah juga tidak konsisten. Dikatakan, beberapa butir permohonan gugatan yang ditujukan ke KPU berbunyi bahwa panwas tidak tegas, panwas terlambat memproses, dan ada salah satu anggota KPU adalah saudara kandung dari Ketua Panwas.

“Ini kan membuat bingung kami,” tambahnya.

Namun, pihak KPU tetap menghormati dinamika yang terjadi. Menurutnya, justru hal itu mempermudah langkah KPU selaku pihak termohon untuk menjawab semua gugatan Dewanti-Masrifah.

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO