Terus Bersolek, Fasilitas Alun-alun Lamongan kini semakin Lengkap

Terus Bersolek, Fasilitas Alun-alun Lamongan kini semakin Lengkap Salah satu fasilitas alun-alun Lamongan, arena bermain anak. foto: nurqomar/ BANGSAONLINE

LAMONGAN, BANGSAONLINE.com - Alun-alun Kabupaten Lamongan merupakan salah satu contoh alun-alun yang cukup representatif bagi warganya. Selain areanya cukup luas, alun-alun ini juga dilengkapi dengan berbagai fasilitas dan ruang publik lainnya seperti taman, arena bermain, jogging track dan sebagainya.

Adanya fasilitas dan ruang publik itu bisa menjadi sarana untuk kegiatan resmi yang berkaitan dengan pemerintah dan bagi warga untuk beraktivitas olahraga, kesenian, budaya, dan refreshing.

Selain itu, berbagai jenis tanaman yang asri juga menghiasi alun-alun ini.

Yang menarik, di bagian tengah alun-alun terdapat sebuah pesawat Nomade bernomor lambung P 086 N 2255 buatan Australia tahun 1974 yang dihibahkan oleh TNI Angkatan Laut kepada Kabupaten Lamongan pada tahun 2009 lalu.

Keberadaan monumen pesawat Nomad jenis jelajah sepanjang 12,5 meter dan lebar 15,46 meter dari TNI Angkatan laut itu seakan menjadi land mark bagi alun-alun Lamongan. 

Ada juga bangunan lainnya yang menjadi land mark khas alun-alun Lamongan ini. Di sebelah selatan alun-alun terdapat menara air yang cukup besar dan tinggi. Selain itu pintu masuk bagian timur juga sudah direhab dengan bentuk paduraksa ala Gapura masuk makam penyebar islam di Desa Sendang Duwur Paciran Lamongan. 

Pantauan wartawan, selain dilakukan perbaikan di sana-sini. Pemerintah Kabupaten Lamongan melalui Dinas PU Cipta Karya Kabupaten Lamongan juga melakukan pemugaran pendopo yang berlokasi di bagian tumur alun-alun dan kini sudah hampir selesai pembangunanya.

"Kita sudah mengupayakan pembangunan dan pembenahan di areal alun-alun. Tapi yang namanya proyek ya harus dikerjakan bergantian, kadang yang satu diperbaiki yang lainnya rusak," ujar Sunasdi, Kabid Kebersihan dan Pertamanan, Dinas PU Cipta Karya, Senin (28/12).

Ditambahkan Sunasdi, memperbaiki fasilitas alun-alun terus dilakukan, mulai membangun pintu masuk juga fasilitas lain yang ada di dalam lokasi alun-alun. "Pokoknya, alun-alun Lamongan terus bersolek dalam rangka mempercantik wajah kota Lamongan. Lihat saja sekarang Pendoponya terlihat megah," ujarnya seraya menjelaskan untuk air mancur juga diperbaiki di bagian barat sebelah utara. (lmg1/rev)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO