Hasil Survei Pilbup Sidoarjo: BerSinar Unggul Jauh atas Paslon Lainnya

Hasil Survei Pilbup Sidoarjo: BerSinar Unggul Jauh atas Paslon Lainnya RESUME SURVEI: Cabup H Saiful Ilah (kiri) didampingi Ketua FPKB DPRD Sidoarjo H Amir Aslichin, saat menunjukkan hasil survei SMRC, Rabu (2/12). foto: musta'in/ BANGSAONLINE

SIDOARJO, BANGSAONLINE.com - Pasangan calon (paslon) nomor urut 3 yakni H. Saiful Ilah–Nur Ahmad Syaifuddin dengan jargon Sidoarjo BerSiNar, berdasarkan survei yang dilakukan Saiful Mujani Research And Consulting (SMRC) pada 26-28 November lalu, memastikan elektabilitas atau keterpilihannya tertinggi pada Pilkada Sidoarjo 9 Desember ini.

Hal itu secara langsung disampaikan Saiful Illah seusai acara Doa Bersama Wali Yatim Forum Komunikasi Peduli Sosial (FKPS) di Perum Surya Regency Desa Seruni Kecamatan Gedangan, Rabu (2/12).

Awalnya, Abah Ipul-sapaan akrab Saiful Illah- menghubungi peneliti SMRC Djayadi Hanan untuk konfirmasi langsung terkait hasil survei yang dilakukan SMRC dalam Pilkada Sidoarjo 2015. “Pak Djayadi, teman-teman wartawan minta konfirmasi terkait hasil survei yang dilakukan SMRC beberapa waktu lalu. Mohon, bisa dilayani pertanyaan dari teman teman (wartawan-red),” ujar Abah Ipul.

Kemudian, Djayadi Hanan memastikan metodologi yang dilakukan dalam survei bisa dipertangungjawabkan.

Pertama, populasi yang dipilih adalah warga Sidoarjo yang punya hak pilih pada saat dilakukan survei . Kedua, sampling sebanyak 410 orang, dipilih dengan cara multistage random sampling secara proporsional dengan margin of error sebesar 5% dengan tingkat kepercayaan 95%. Ketiga, responden terpilih diwawancari secara tatap muka. Terakhir, dilakukan quality control (QC) sebesar 20% acak dan tidak ditemukan kesalahan berarti selama QC.

“Paslon nomor urut 3 yakni pasangan calon Saiful Ilah–Nur Ahmad Syaifuddin, meraih elektabilitas tertinggi sebesar 60,2 %,” ungkap Djayadi Hanan. Berikutnya, paslon no 1 , Sidoarjo Hatiku sebesar 16, 3%, diikuti Paslon no 2 Uswatan sebesar 5,4% dan Paslon Warih-Imam Sugiri sebesar 2,4%. Dari survei itu juga menunjukkan 15,6 % belum menentukan pilihan alias mass floating.

Sementara, Saiful Ilah mengatakan, bersyukur jika elektabilitasnya saat ini masih tinggi. Dirinya berharap di sisa waktu yang ada sebelum pencoblosan 9 Desember diharapkan timnya tetap bekerja keras. “Jangan terlena dan harus fokus untuk menang,”tegas dia. Ia pun menegaskan, elektabilitasnya yang masih tinggi, karena upaya kerja kerasnya kala memimpin Sidoarjo. (cat/sta/rev)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO