Launching Bank Buku Madura Kuno

Launching Bank Buku Madura Kuno Koleksi buku lawas tentang Madura di Perpusda Pamekasan. foto: pmk-1/Bangsa Online

PAMEKASAN (bangsaonline) - Perpustakaan Daerah Pemkab melaunching program bank buku, tepat di momen peringatan Hari Buku Nasional, Rabu (23/4/2014). Bank buku juga menyediakan arsip dan dokumen buku-buku kuno .

Program ini mengandaikan gerakan satu buku untuk satu jiwa. Kepala Perpustakaan dan Arsip Pemkab Akhmad Zaini mengatakan, awal tahun 2013 lalu, pihaknya mempunyai program untuk menyelamatkan buku-buku kuno tentang .

Dalam perjalanannya, program itu banyak mendapatkan apresiasi dari masyarakat sehingga perpustakaan terbesar di pulau itu mendapatkan sumbangan buku-buku kuno. yang berbentuk tulisan kuno, foto copy buku tentang ke -an, dan berbagai buku kebudayaan yang sudah sangat sulit dibaca.

“Karena buku-buku yang diberikan kepada kami itu sangat langka dan kondisinya sudah tidak layak untuk dibaca, sehingga kami mencetak ulang khusus untuk arsip Perpustakaan,” kata Zaini kepada sejumlah wartawan. Buku yang kuno yang tersimpan di Perpusda sebanyak 400 buah.

Sementara itu, berbeda dengan di , bukannya menambah koleksi buku baru maupun langka, setiap tahun Perpusda Sumenep justru selalu kehilangan buku. Buku hilang rata-rata karena tidak dikembalikan lagi oleh peminjam. Hingga di momen Hari Buku Nasional kemarin, tercatat ada 180 buah buku koleksi Perpusda Sumenep yang hilang.

“Dari 300 buku yang dipinjam oleh anggota Perpusda Sumenep, masih ada 180 buku hingga kini tidak jelas keberadaannya. Ketika dilacak peminjamnya tidak diketahui,” kata Kepala Kantor Perpustakaan dan Arsip Daerah Kabupaten Sumenep, Agus Dwi Putra. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Haul Akbar di Masjid Nurul Huda Pamekasan, Satukan Generasi dan Santri Kiai Mattawi':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO