Tinjau PT TPPI Tuban, Jokowi Janji akan Jadikan Kompleks Industri Petrokimia Indonesia

Tinjau PT TPPI Tuban, Jokowi Janji akan Jadikan Kompleks Industri Petrokimia Indonesia Presiden RI Joko Widodo, ketika meresmikan kembali beroperasinya PT TPPI Tuban. foto: suwandi/BANGSAONLINE

TUBAN, BANGSAONLINE.com - Kedatangan Presiden RI, Joko Widodo ke perusahaan kilang PT Trans-Pacific Petrochemical Indotama () yang berada di Desa Remen, Kecamatan Jenu, Tuban, pada Rabu (11/11) siang tidak hanya sekedar dalam rangka kunjungan kerja. Akan tetapi, Jokowi berjanji bakal menjadikan TPPI Tuban menjadi kompleks industri Petrokimia Indonesia.

“Ked epan kompleks ini (Tuban), akan dijadikan kompleks industri Petrokimia Indonesia,” tegas Jokowi kepada awak media.

Menurutnya, kawasan ini patut dijadikan kompleks industri. Pasalnya, TPPI dapat mengahasilkan turunan-turunan dari kondesat. Sejak dibangun pada 1995, TPPI sempat krisis pada 1998 sehingga proses produksi sempat macet. Kemudian, pada 2006 kembali beroperasi. Namun, karena tersandung proses hukum, sehingga kembali berhenti.

“Saya putuskan perusahaan ini pada Oktober lalu harus kembali beroperasi, hukum biarkan berjalan dan wilayah bisnis operasi tetap berjalan,” tambah mantan Wali Kota Solo ini.

Dikatakan Jokowi, TPPI ditargetkan dapat beroperasi secara maksimal pada akhir tahun 2015. Meskipun kini baru 70 persen, namun pemerintah optimis dapat menargetkan 100 persen. Lanjut Jokowi, bilamana target ini tercapai maka dapat mengurangi impor baik premium maupun solar. Sehingga, ketika sudah berjalan, akan mengurangi beban negara sebesar Rp 2,6 Milyar USD dolar setiap tahun.

“Kembali beroperasinya kilang minyak ini maka akan membuak lapangan pekerjaan yang sangat besar, saya sudah titip kepada Dirut Pertamina agar mengutamakan masyarakat sekitar,” bebernya.

Sementara itu, pernyataan Jokowi diterima ini diamini Wakil Bupati Tuban, Ir Noor Nahar Husein, Ia mengatakan, pemerintah akan memaksimalkan masyarakat Tuban supaya dapat bekerja di TPPI. Ia berjanji jika Pemkab akan berusaha memberikan pelatihan dan keterampilan kepada masyarakat Tuban, supaya dapat bekerja di TPPI sesuai dengan tupoksinya.

“Pemkab akan membantu masyarakat tuban, supaya bekerja di TPPI,” kata Ketua DPC PKB Tuban ini.

Sekedar diketahui, kilang TPPI kembali beroperasi awal Oktober 2015 dengan target produksi premium sebanyak 61 ribu barel per hari (bph). Sehingga, diharapkan dapat menekan impor premium 20 persen dan PT Pertamina bisa menghemat impor US dolar 1,2 miliar per tahun. (wan/rev)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO