Nasib Kereta Cepat di Tangan Menhub

Nasib Kereta Cepat di Tangan Menhub

JAKARTA, BANGSAONLINE.com - Presiden Joko Widodo (Jokowi) memanggil sejumlah menteri ekonomi guna membahas kelanjutan proyek kereta cepat (High Speed Train).

Menteri yang dipanggil adalah Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Rini Soemarno, Menteri Koordinator bidang Perekonomian Darmin Nasution, Menteri Keuangan Bambang Brodjonegoro, Menteri Perhubungan Ignasius Jonan serta Sekretaris Kabinet Pramono Anung.

Pemanggilan ini dilakukan secara tertutup dan diam-diam. Terlebih lagi, Rini Soemarno bersama perwakilan dari direksi BUMN Konstruksi menyelesaikan kunjungan kenegaraan ke China, yang disinyalir sebagai tindak lanjut pengerjaan proyek kereta api cepat dengan menggunakan garapan China.

Sebelumnya, Jokowi sudah menolak proposal proyek kereta cepat dari Jepang dan China. Saat ini diserahkan kepada BUMN dan dilakukan secara business to business (b to b).

Usai dipanggil, Menteri Perhubungan Ignasius Jonan menyatakan, sebagai regulator kereta cepat, pihaknya tinggal menunggu hasil kajian dari konsorsium BUMN yang tengah melakukan studi kelayakan (feasibility study/FS).

Sumber: okezone

Simak berita selengkapnya ...