Rombongan Bupati Jombang Sidak Penjual Hewan Kurban

Rombongan Bupati Jombang Sidak Penjual Hewan Kurban

JOMBANG, BANGSAONLINE.com  – Menjelang perayaan Idul Adha 1436 H, Pemkab Jombang yang dipimpin langsung Bupati Jombang Nyono Suharli Wihandoko mendatangi sejumlah pedagang sapi, dan kambing dadakan. Dari hasil sidak ini, hampir seluruh kambing atau domba yang dijual para pedagang dinyatakan sehat meskipun ada beberapa kambing yang kondisinya sakit flu.

Selain Bupati, tampak hadir dalam rombongan kepala Dinas Peternakan dan Perikanan Kabupaten Jombang Jufri. Bupati Jombang Nyono Suharli Wihandoko mengatakan, dari hasil pengecekan di lokasi tersebut, pihaknya tak menemukan satu pun hewan kurban yang terserang penyakit. Ia memastikan sapi sapi yang berada di kandang tersebut layak untuk dijual dan dijadikan hewan kurban. ’’Pengecekan ini kami lakukan dalam rangka menyongsong Idul Adha. Hasilnya dari pengecekan yang kami lakukan, semuanya sehat,’’ ujarnya.

Menurut Nyono, tak ada satupun hewan kurban yang diketahui belum dewasa, sehingga tak dapat digunakan sebagai hewan kurban. ’’Semuanya layak. Kalau istilah jawanya itu sudah poel. Sehingga diharapkan tidak ada pembeli yang kecewa nantinya,’’ tambahnya.

Sebelum Bupati Jombang Nyono Suharli Wihandoko melakukan pengecekan, beberapa jam sebelumnya petugas dari Dinas Peternakan dan Perikanan Kabupaten Jombang juga sudah melakukan pengecekan di beberapa lokasi penjualan kambing dan domba yang digelar di pinggir jalan. Hasilnya, petugas menemukan beberapa kambing dan domba yang terkena penyakit flu. ’’Tadi kami menemukan dua ekor kambing yang pilek,’’ ujar Aziz Daryanto, dari bidang kesehatan hewan Dinas Peternakan dan Perikanan Jombang.

Meski terkena flu, kata Aziz, namun kambing kambing tersebut masih layak untuk dijadikan hewan kurban. Sebab, penyakit yang diderita bukanlah penyakit menular. ’’Masih layak kok. Itu hanya alergi dari debu saja yang berada di tempat penyimpanannya. Tadi kami juga sudah berikan vitamin untuk menambah staminanya. Sehingga satu dua hari ke depan sudah bisa sehat kembali,’’ tandasnya. (jbg1/rev)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO