​Ibu Kabareskrim Komjen Anang di Mojokerto, Ayahnya Tukang Cukur di Pasar Tanjung Anyar

​Ibu Kabareskrim Komjen Anang di Mojokerto, Ayahnya Tukang Cukur di Pasar Tanjung Anyar Salam Komando Kabareskrim Komjen Anang Ma'ruf dan Komjen Budi Waseso saat sertijab. Foto: detik.com

MOJOKERTO, BANGSAONLINE.com – Warga Mojokerto Jawa Timur tampaknya kini lagi berbunga-bunga. Maklum, salah satu putera asli Mojokerto kini diangkat sebagai Kepala Badan Reserse Kriminal (Bareskrim) Mabes . Siapa lagi kalau bukan Komisaris Jenderal Anang Iskandar.

Seperti dilansir Tempo Online, pria kelahiran Kota Mojokerto, Jawa Timur, 57 tahun silam itu lahir dan dibesarkan dalam keluarga yang sederhana di Jalan Empunala, Kelurahan Kedundung, Kecamatan Magersari, Kota Mojokerto.

Anang sempat nikah dua kali. Dari istri pertamanya yang sudah wafat, Ike Yuni Candra Dewi, Anang dikaruniai tiga anak. Sedangkan dari istri keduanya, Anang mempunyai dua anak.

Anang adalah anak kedua dari enam bersaudara putra Suyitno (almarhum) dan Raunah. Raunah yang sudah berusia 86 tahun tinggal bersama anak kedua Anang dari istri pertama, Rambo Garudo, 29 tahun. Meski sudah lanjut usia, ingatan Raunah masih kuat meski lebih banyak berbahasa Jawa.

Dengan didampingi Rambo, Raunah mengingat masa muda Anang. Anang lahir dari keluarga sederhana. Ayahnya, Suyitno, hanya bekerja sebagai tukang cukur rambut di Pasar Tanjung Anyar, Mojokerto. Setiap pulang sekolah, Anang sering membantu ayahnya di pasar.

Selama duduk di bangku sekolah dasar hingga sekolah menengah atas (SMA), Anang dikenal tekun. Menurut Raunah, lulus dari SMA, Anang ingin masuk ke perguruan tinggi namun karena keterbatasan biaya, niat itu dibatalkan. Hingga akhirnya Anang mendaftar ke Akademi Kepolisian yang waktu itu masih jadi satu dengan Akabri. Anang berhasil masuk hingga lulus Akabri tahun 1982.

Sumber: tempo/tribun

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO