Minggu, 26 Mei 2019 22:59

Pilkada Kabupaten Blitar Dihentikan, KPU Segera Evaluasi

Rabu, 19 Agustus 2015 19:54 WIB
Pilkada Kabupaten Blitar Dihentikan, KPU Segera Evaluasi

BLITAR, BANGSAONLINE.com – Pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) di Kabupaten Blitar secara resmi telah dihentikan karena hanya ada satu pasangan calon saja, yakni Rijanto-Marhaenis yang diusung oleh PDI Perjuangan. Namun saat ini masih ada lembaga ad hoc KPU yang masih tetap bekerja dan segera dilakukan evaluasi.

Pernyataan ini seperti disampaikan Ketua KPU Kabupaten Blitar, Imron Nafifah. Ia mengatakan meski tahapan Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Blitar telah dihentikan karena hanya ada satu pasangan calon yang mendaftar ke KPU Kabupaten Blitar, untuk Petugas PPK atau Panita Pemilihan Kecamatan masih belum berhenti beraktivitas.

“Untuk lembaga ad hoc KPU ditingkat PPK, PPS dan PPDP masih melakukan kegiatan. Di antaranya evaluasi dan pelaporan hasil coklit atau pecocokan dan penelitian data pemilih,” kata Imron Nafifah.

Selain itu menurutnya dari hasil pelaporan tersebut nantinya akan digunakan untuk Pertanggungjawaban atau SPJ ke KPU RI dan untuk daerah yang hanya memiliki 1 pasangan calon diberi kesempatan atau waktu satu bulan harus menyelesaikan SPJ-nya.

“Dengan kesempatan selama satu bulan ke depan ini, kami berharap tugas akhir ini bisa tuntas dan dimanfaatkan oleh masing-masing lembaga ad hock,” ujarnya.

Di sisi lain KPU Kabupaten Blitar juga akan melakukan evaluasi dan pelaporan pasca surat keputusan penundaan tersebut disahkan. Namun saat ini pihaknya sedang mengerjakan evaluasi dan pelaporan tahapan yang sudah dilakukan KPU selama persiapan jelang Pilkada 2015. “Sedangkan untuk penggunaan dana yang sudah digunakan akan dilaporkan sisa penggunaan dana kepada Bupati Blitar sebagai pemberi dana hibah,” terangnya.

Sementara terkait dengan laporan sengketa Pilkada yang telah diproses oleh Panwas Kabupaten Blitar juga telah dicabut oleh pelapor. Hal ini seperti diungkapkan Ketua Panwaslu Kabupaten Blitar, Hadi Santoso.

Dikatakan Hadi, untuk pelaporan sengketa Pilkada atas nama pelapor Wasis Kunto Atmojo dengan KPU Kabupaten Blitar atas tindakan penolakan pendaftaran oleh KPU Kabupaten Blitar kepada Kubu Wasis Kunto Atmojo beberapa waktu yang lalu telah dicabut oleh pelapor.

”Sebelumnya kami sudah menindaklanjuti hal itu sesuai dengan mekanisme yang ada dan hanya tinggal menunggu hasil dari sidang pleno antar Pimpinan Panwaslu Kabupaten Blitar, pada tanggal 13 Agustus lalu pelapor telah mengajukan surat permohonan pencabutan laporan,” kata Hadi. (tri/rvl)

Bandeng Jelak Khas Kota Pasuruan yang Tinggi Protein, Yuk Makan Ikan!
Minggu, 28 April 2019 01:01 WIB
PASURUAN, BANGSAONLINE.com - Kali ini Shania Indira Putri, Duta Gemarikan Kota Pasuruan, melihat lebih dekat bagaimana proses pemanenan ikan Bandeng Jelak khas Kota Pasuruan. Sekali panen, ikan ini air tawar ini bisa menghasilkan 600 hingga 120...
Selasa, 26 Maret 2019 21:54 WIB
MADIUN, BANGSAONLINE.com - KAI Daop 7 ajak beberapa wartawan wilayah Madiun, mulai dari wartawan cetak, online, dan televisi, ke tempat bangunan bersejarah Lawang Sewu dan Stasiun Ambarawa, Selasa (26/3). Kegiatan ini dilakukan selama dua hari (25-26...
Suparto Wijoyo
Rabu, 22 Mei 2019 11:24 WIB
Oleh: Suparto Wijoyo*SAYA menyaksikan penuh kagum terhadap para kompetitor yang menyorong sekehendaknya. Dengan nyaman menikmati gelisah rakyat yang sangat mayoritas. Para promotor pertandingan tergiring dalam alun langkahnya dengan kosa laku yang...
Minggu, 26 Mei 2019 13:06 WIB
Dr. KH A Musta'in Syafi'ie M.Ag
Oleh: Dr. KH A Musta'in Syafi'ie M.Ag42. qul law kaana ma’ahu aalihatun kamaa yaquuluuna idzan laibtaghaw ilaa dzii al’arsyi sabiilaanKatakanlah (Muhammad), “Jika ada tuhan-tuhan di samping-Nya, sebagai-mana yang mereka katakan, niscaya tuhan-t...
Dr. KH. Imam Ghazali Said
Jumat, 17 Mei 2019 16:44 WIB
>>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Dr. KH. Imam Ghazali Said. SMS ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<<<...