Putra Pendiri NU Ini Direndahkan Habib Pasuruan di Depan Umum, Tapi Malah Tersenyum

Putra Pendiri NU Ini Direndahkan Habib Pasuruan di Depan Umum, Tapi Malah Tersenyum Prof Dr KH Asep Saifuddin Chalim, MA saat menerima kunjungan Syaikh Abdul Aziz Ahmad Syahawi Al Husaini, ulama Universitas Al-Azhar Mesir. Syaikh Syahawi adalah Imam Madzhab Syafii yang dikenal sangat berpengaruh baik di Mesir maupun di dunia internasional. Tampak Syaikh Syahawi saat berkunjung ke PP Amanatul Ummah yang didirikan dan diasuh Kiai Asep. Syaikh Syahawi diajak keliling oleh Kiai Asep Saifuddin Chalim, melihat unit usaha Amanatul Ummah, Selasa (19/7/2022). Foto: M Mas;ud Adnan/ BANGSAONLINE.com

SURABAYA, BANGSAONLINE.com – Ini pengalaman pahit yang pernah menimpa Prof Dr KH Asep Saifuddin Chalim, MA, saat menghadiri undangan pengajian di Probolinggo Jawa Timur. Ceritanya, Kiai Asep yang dikenal sebagai pendiri dan pengasuh Pondok Pesantren Amanatul Ummah Surabaya dan Mojokerto Jawa Timur itu diundang seorang Habib untuk acara pengajian di kediamannya di Probolinggo.

Saat itu Kiai Asep datang didampingi Habib Abu Bakar Assegaf Bangil. Hubungan Kiai Asep dengan Habib yang mengundang itu memang akrab. Habib itu bahkan sering datang ke Kiai Asep, baik di Surabaya maupun di Pacet Mojokerto.

Kiai Asep tiba di acara pengajian saat seorang Habib asal Pasuruan berceramah. Melihat Kiai Asep datang massa langsung berdiri. Mereka menyambut kedatangan Kiai Asep. Mereka berebut menyalami dan mencium tangan Kiai Asep. Maklum, Kiai Asep dikenal sebagai ulama besar dan memiliki sekitar 14.000 santri.

Selain itu Kiai Asep adalah Putra , salah seorang kiai pendiri NU sekaligus pejuang kemerdekaan RI yang pada tahun 2023 lalu ditetapkan sebagai pahlawan nasional.

Tapi tampaknya Habib yang sedang berceramah merasa masgul atau kesal. Dengan suara lantang ia minta massa yang berebut mencium tangan Kiai Asep duduk. Si Habib minta massa tak usah menyalami dan menghormati Kiai Asep.

“Ayo duduk. Itu (Kiai Asep) bukan siapa-siapa,” kata si Habib yang dikenal sebagai ketua organisasi atau rabithah habaib dari klan tertentu itu.

Banyak orang kaget. Termasuk Habib Abu Bakar Assegaf. Ia tak menyangka Habib yang sedang ceramah itu merendahkan Kiai Asep di depan umum. Apalagi Kiai Asep bukan tokoh atau ulama sembarangan. Bahkan Habib yang mengundang itu sebagai tuan rumah juga merasa tak enak.

Tapi Kiai Asep tampak santai. Ia malah tertawa.

“Ya, saya gak apa-apa diperlakukan demikian,” kata Kiai Asep kepada BANGSAONLINE sembari tersenyum.

“Saat itu saya mau ke depan, saya berjalan ke dekat podium. Tiba-tiba Habib itu bilang begitu (Ayo duduk semua. Itu bukan siapa-siapa,” kata Kiai Asep yang juga Ketua Umum Pimpinan Pusat (PP) Persatuan Guru Nahdlatul Ulama (Pergunu).

Lihat juga video 'Sedekah dan Zakat Rp 8 M, Kiai Asep Tak Punya Uang, Jika Tak Gemar Bersedekah':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO