15 Negara Ikuti Ijen Trail Running, Bondowoso akan Jadi "Asian Trail Master" pada 2016

15 Negara Ikuti Ijen Trail Running, Bondowoso akan Jadi "Asian Trail Master" pada 2016 Bupati Bondowoso saat konferensi pers acara Ijen Trail Running. (foto: sugiyanto/BANGSAONLINE)

BONDOWOSO, BANGSAONLINE.com - Sekitar 180 perserta dari 15 negara memastikan diri mengikuti ajang internasional Ijen Trail Running yang digelar 22 Agustus mendatang. Bertempat di kawasan Kawah Ijen dan Kawah Wurung, even tersebut sekaligus mempromosikan potensi wisata di Kecamatan Sempol.

Bupati Bondowoso Amin Said Husni mengatakan, even Internasional Ijen Trail Running tersebut ada tiga katagori kelas yakni 10 kilometer, 30 kilometer dan 70 kilometer.

“Sejak registrasi dibuka, telah diminati pelari dari mancanegara. Hingga saat ini, kata dia, khususnya 70 kilometer terdapat 180 perserta dari 15 negara yang mendaftar. Di antaranya, Inggris, Prancis, Ceko, Ukraina, Belgia, Belanda, Kanada, Hongkong, Singapura, Malaysia, Ethiopian dan beberapa Negara lainya,” ujar Bupati Amin saat Konferensi Pers di Pendopo Ki Bagus Azra, Kamis (13/8).

Sementara untuk kategori 30 Kilometer dan 10 Kilometer banyak pelari nasional yang ikut, di antaranya dari Jakarta maupun Yogyakarta. Running yang dimaksud dalam hal ini bukanlah lari seperti pada umumnya, melainkan juga menikmati keindahan wisata di rute running. “Ijen Trail Running ini bukan kuat-kuatan seperti lomba lari,” katanya.

Meski Ijen Trail Running baru pertama digelar kota bertajuk The High Land Paradise, Amin Said Husni, merasa bersyukur. Karena acara tersebut sebagai kegiatan internasional. “Insyaallah kegiatan ini akan digelar lagi Mei Tahun 2016, Bondowoso akan menjadi Asian Trail Master,” imbuhnya.

“Kami bisa menunjukkan kepada dunia bahwa Bondowoso tidak hanya mempunyai Kawah Ijen, tapi juga Kawah Wurung, Paralayang, yang saat ini menjadi magnet tersendiri bagi wisatawan internasional,” tuturnya.

Lihat juga video 'Mandi di Air Terjun Sedudo Nganjuk, Bisa Bikin Awet Muda?':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO