Apakah Buah Pepaya Bisa Mendukung Kesehatan Ginjal? Simak Penjelasannya

Apakah Buah Pepaya Bisa Mendukung Kesehatan Ginjal? Simak Penjelasannya Apakah Buah Pepaya Bisa Mendukung Kesehatan Ginjal? Simak Penjelasannya. Foto: Ist

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Buah pepaya memiliki kandungan nutrisi yang bermanfaat untuk kesehatan, salah satunya ginjal.

Dilansir dari WebMD, memiliki kandungan kalium yang dapat menjaga kesehatan otot, dan menstabilkan denyut jantung serta tekanan darah. Manfaat tersebut bisa berdampak positif pada .

Namun perlu diperhatikan bagi Anda yang memiliki riwayat gangguan ginjal perlu membatasi atau menghindari konsumsi pepaya sesuai dengan anjuran dokter.

Hal itu dikarenakan kandungan kalium di dalam tubuh akan menumpuk sehingga membuat ginjal bekerja lebih keras untuk mengeluarkannya dari tubuh.

Apabila kadar kalium di dalam tubuh terlalu berlebihan, risiko henti jantung akan meningkat dan dapat membahayakan kesehatan.

Sumber foto: Ist

Dilansir dari Healthline, penderita gangguan ginjal kronis, hiperkalemia, atau gangguan ginjal lainnya perlu membatasi asupan kalium per hari sebanyak 1.500 hingga 2.000 mg per hari.

Pepaya yang dikonsumsi tidak boleh berlebihan agar tidak menimbulkan efek samping yang serius.

Sedangkan bagi Anda yang tidak memiliki riwayat medis khusus dapat mengonsumsi pepaya sebanyak 250 hingga 500 gram per hari atau setara dengan satu hingga dua cup pepaya.

(ans)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Mahasiswa Indonesia Bekerja Part Time Sebagai Petani di Jepang, Viral Karena Gajinya, ini Kisahnya':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO