Hari Buku Anak Internasional, Khofifah Ajak Tingkatkan Minat Baca Sejak Dini

Hari Buku Anak Internasional, Khofifah Ajak Tingkatkan Minat Baca Sejak Dini ICBD 2024, Khofifah terus mendorong minat anak untuk gemar membaca buku

SURABAYA,BANGSAONLINE.com - Ketua Umum PP Muslimat NU Indar Parawansa mengajak seluruh elemen masyarakat untuk bersama-sama mengenalkan buku pada anak sejak usia dini.

Hal itu secara khusus disampaikan bertepatan dengan peringatan Hari Buku Anak Internasional atau International Children's Book Day () yang jatuh hari ini, Selasa (2/4/2024).

Dengan mengenalkan buku pada anak sejak dini, akan meningkatkan ketertarikan membaca dan kecintaan pada buku di hari nanti. 

Hal itu penting karena dengan membaca, kegiatan membaca buku membawa dampak yang signifikan pada pola berpikir anak di masa depan kelak.

Bahkan juga akan berpengaruh pada pembentukan karakter anak menjadi pribadi yang curious serta gemar belajar. 

Ini akan sangat bermanfaat dalam upaya mewujudkan generasi emas 2045 mendatang.

"Buku adalah jendela dunia, maka mengenalkan anak-anak pada buku menjadi penting agar anak-anak tumbuh dengan kreatif, penuh rasa curiousity, dan suka belajar," kata , Selasa (2/4/2024).

"Saat ini banyak sekali buku anak yang disampaikan dengan model dan desain sangat menarik. Bahkan ada pop up book, buku cerita bergambar, dan juga berbagai jenis buku yang semakin menarik minat agar anak cinta dengan buku. Ini sangat bermanfaat dalam memupuk cinta membaca buku sejak dini," imbuhnya.

Lebih lanjut menyebutkan data Tingkat Kegemaran Membaca Provinsi tahun 2023 berada di angka 69,78. Dengan angka tersebut Jatim berada di urutan kelima nasional, dimana DIY berada di peringkat pertama dengan angka 73,27. Kemudian disusul posisi kedua Jateng dengan angka 71,31 dan posisi ketiga Jabar dengan angka 70,47 serta posisi keempat DKI Jakarta dengan angka 69,94.

"Tingkat Kegemaran Membaca Jatim tahun 2023 sebesar 69,78 sudah masuk kategori tinggi dan meningkat dibandingkan tahun 2022 dimana Jatim berada di angka 68,54. Atau meningkat signifikan 11,24 poin," imbuh .

Lihat juga video 'Murah Meriah, Wisata Lembah Djati Tawarkan Kebun Bunga dan Spot Foto Instagramable':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO