Safari Ramadan di Kediri, Pj Gubernur Jatim bersama Baznas dan LAZ Serahkan Santunan Anak Yatim

Safari Ramadan di Kediri, Pj Gubernur Jatim bersama Baznas dan LAZ Serahkan Santunan Anak Yatim Pj Gubernur Adhy Karyono saat menyerahkan santunan anak yatim pada safari Ramadan di Kabupaten Kediri

KEDIRI,BANGSAONLINE.com - Jatim Adhy Karyono bersama Badan Amil Zakat Nasional () Jatim dan Lembaga Amil Zakat () melakukan Safari Ramadan di Gedung Convention Hall Simpang Lima Gumul Kabupaten Kediri, pada Sabtu (30/3/2024) sore.

Dalam kesempatan ini, secara khusus Adhy menyerahkan santunan kepada 1.000 anak yatim.

Selain itu juga dilakukan pemberian bantuan sosial () dan zakat produktif untuk masyarakat.

Rincian bantuan sosial tersebut, secara simbolis 5 penerima manfaat lansia masing-masing sebesar Rp 500 ribu per triwulan, pendamping secara simbolis 5 orang masing-masing Rp 900 ribu per triwulan. 

Selain itu juga diberikan tali asih TKSK secara simbolis kepada 5 orang sebesar Rp 1,5 juta per triwulan dan tali asih Tagana secara simbolis kepada 5 orang yang masing-masing menerima Rp 750 ribu per triwulan.

Tidak hanya itu, dalam semarak safari ramadhan kali ini juga diberikan apresiasi pada 5 seniman berupa uang senilai Rp 500 ribu dan 5 juru pelihara cagar budaya berupa uang senilai Rp 1,750 juta, serta zakat produktif untuk 25 pelaku usaha ultra mikro.

Adhy mengatakan, berbagai skema bantuan rangkaian safari ramadhan yang digelar sejak awal ramadhan di beberapa kabupaten dan kota merupakan wujud semangat dari para penyalur zakat yang sadar akan kewajiban membayar zakat yang kemudian diserahkan dan dikelola .

Hasilnya, kata dia, zakat tersebut dikumpulkan dan dikelola untuk para mustahik yang benar-benar membutuhkan dan memiliki dampak bagi keberlangsungan masyarakat.

"Zakat yang disalurkan ke sangat berdampak dalam meringankan beban masyarakat yang benar-benar membutuhkan. Mari kita bersama-sama saling menguatkan, merangkul dan meningkatkan kepedulian kepada sesama sehingga bisa berdampak langsung untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat di Jatim," kata Adhy.

Tidak hanya disalurkan untuk anak yatim, Adhy mengaku bansos yang disalurkan kali ini juga menjadi bantalan sosial kepada penerima manfaat. 

Termasuk apresiasi kepada pilar-pilar sosial meliputi Tagana, TKSK, Pendamping wujud kontribusi yang sangat besar dalam berbagai kegiatan sosial dan kemanusiaan di Jatim.

"Mereka bekerja secara tulis ikhlas untuk membantu masyarakat utamanya dalam hal kemanusiaan. Semoga bantuan yang kami berikan mampu meringankan beban kebutuhan hidup," tuturnya.

Lihat juga video 'Murah Meriah, Wisata Lembah Djati Tawarkan Kebun Bunga dan Spot Foto Instagramable':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO