Hari Internasional Tanpa Sampah, Khofifah: Jatim Miliki Bank Sampah Terbanyak

Hari Internasional Tanpa Sampah, Khofifah: Jatim Miliki Bank Sampah Terbanyak Khofifah Indar Parawansa di lokasi pembuangan sampah. Foto: Humas Pemprov Jatim

SURABAYA, BANGSAONLINE.com – Momentum yang jatuh pada 30 Maret 2024 mendapat perhatian Ketua Umum PP Muslimat NU Indar Parawansa.

Ia mengajak seluruh elemen Masyarakat semakin giat melakukan pemilahan dan pengelolaan sampah. Mulai dari pengelolaan sampah rumah tangga, hingga sampah industri, demi menjaga keberlangsungan daya dukung lingkungan.

"Pengelolaan sampah sangat penting sebagai wujud kita untuk menjaga lingkungan. Untuk itu di momen ini kami mengajak masyarakat untuk lebih aware dalam mengelola sampah mulai dari diri sendiri dari rumah masing masing," kata dalam keterangan tertulis yang dikirim ke BANGSAONLINE, Sabtu (30/3/2024).

Menurut , salah satu yang bisa dilakukan dalam rangka mendukung adalah menggalakkan kembali Bank Sampah.

menegaskan bahwa bank sampah merupakan salah satu solusi untuk memilah , mengolah dan mengurangi timbulnya sampah. Demi mengatasi volume sampah yang kian bertambah, bank sampah bisa dijadikan solusi untuk meminimalisir sampah yang dibuang ke lingkungan.

Mengutip data terbaru, mengatakan bahwa Sistem Informasi Manajemen Bank Sampah dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK), menyebutkan bahwa Jawa Timur tercatat sebagai provinsi dengan jumlah BSU terbanyak di Indonesia.

"Berdasarkan data KLHK, Jawa Timur hingga akhir tahun 2023 memiliki 4.932 unit Bank Sampah Unit. Ini merupakan yang terbanyak di antara provinsi lain di Indonesia. Dengan jumlah tersebut, masih menurut data KLHK, Jawa Timur berhasil mengumpulkan dan mengelola 516,19 ton sampah di tahun 2023," tegas .

Setelah Jawa Timur, peringkat kedua dipegang oleh Provinsi Jawa Barat yang memiliki 4.107 BSU. Lalu disusul Jawa Tengah dengan 3.694 unit BSU. Kemudian Provinsi Riau menduduki posisi keempat dengan memiliki 3.534 unit BSU yang tersebar di penjuru Provinsi Riau. Dan DKI Jakarta hadir di posisi kelima dengan memiliki 2.589 unit BSU.

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO