Di Lamongan, Khofifah Ajak Masyarakat Perbanyak Shodaqoh dan Semangat Jemput Lailatul Qadar

Di Lamongan, Khofifah Ajak Masyarakat Perbanyak Shodaqoh dan Semangat Jemput Lailatul Qadar Ketua Umum PP Muslimat NU, Khofifah Indar Parawansa, saat memberi sambutan.

LAMONGAN, BANGSAONLINE.com - Ketua Umum PP , Indar Parawansa, turut hadir dalam Buka Puasa Bersama dengan pengusaha yang tergabung dalam Kamar Dagang Indonesia (Kadin) Jatim di Masjid Namira, Lamongan, Kamis (21/3/2024) malam.

Tak sendiri, dalam kesempatan ini ia juga turut didampingi oleh Emil Elestianto Dardak. Pasangan Gubernur dan Wakil Gubernur Jatim periode 2019-2024 ini kompak bersilaturahmi dengan jajaran pengusaha Jatim dan menyatu bersama warga Kabupaten Lamongan.

Dalam sambutannya, mengajak masyarakat untuk memperbanyak amalan kebaikan (kesholehan sosial) saat . Mulai dari memperbanyak shodaqoh maupun menunaikan zakat, serta semangat untuk menjemput lailatul qadar.

“Suatu saat Rasulullah ditanya oleh sahabat. Amalan shodaqoh apa yang paling utama. Dan Rasulullah menjawab bahwa shodaqoh di bulan adalah shodaqoh yang diutamakan," paparnya.

"Maka sangat banyak masyarakat yang kemudian saling memberi, mentasarrufkan sebagain rizkinya untuk infaq shodaqoh dan zakat. Artinya kesalehan sosial menjadi kekuatan luar biasa yang dibangun oleh bulan ramadan. Spirit of adalah spirit untuk membangun kesalehan sosial,” tuturnya menambahkan.

Lebih lanjut, Ketua PB ini menambahkan bahwa syahru sering juga disebut syahrul jud atau bulan memberi. Selain itu juga dikenal sebagai syahrul muwassah atau bulan mengulurkan tangan. 

Maka, sangat menganjurkan umat Islam untuk menguatkan hubungannya tak hanya dengan Allah atau hablum minallah, tapi juga hubungan dengan sesama manusia atau hablum minannas.

“Maka PR nya kemudian bagaimana shodaqoh ini nantinya juga dilanjutkan untuk dimaksimalkan untuk diamalkan di bulan yang lain. Sehingga keberseimbangan hablum minallah dan hablum ninannas bisa dijaga,” kata .

Tidak sampai di sana, di hadapan para pengusaha Jatim dan juga masyarakat Lamongan yang memadati Masjid Namira, ia turut memotivasi umat muslim untuk berlomba-lomba mendapatkan lailatul qadar. Pasalnya lailatul qadar dikatakan mantan Menteri Sosial dan Menteri Pemberdayaan Perempuan ini sangat sayang untuk dilewatkan.

Lihat juga video 'Warga Kota Pasuruan Berebut Minyak Goreng Curah Saat Gubernur Jatim Pantau Operasi Pasar':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO