Peringati International Woman’s Day, Khofifah Jabarkan 3 Modal Penting Perempuan

Peringati International Woman’s Day, Khofifah Jabarkan 3 Modal Penting Perempuan Gubernur Jawa Timur periode 2019-2024, Khofifah Indar Parawansa, saat meresmikan MPS atau Mitra Produksi Sigaret Dander PT Kareb Alam Sejahtera, Bojonegoro.

SURABAYA, BANGSAONLINE.com Indar Parawansa mengajak seluruh elemen untuk turut serta dalam meningkatkan kualitas SDM perempuan untuk mempercepat kemajuan di segala lini. Gubernur Jawa Timur periode 2019-2024 itu mengungkapkan hal tersebut di peringatan International Woman’s Day yang jatuh hari ini, Jumat (8/3/2023).

Ajakan ini juga berseiring dengan tema yang diangkat PBB dalam International Woman’s Day tahun ini yaitu 'Invest in Women. Accelerate Progress' yang artinya Berinvestasi pada Perempuan untuk Mempercepat Kemajuan.

“Makna dari tema ini begitu dalam. Bagaimana perempuan merupakan kunci dari sebuah kemajuan. Yang artinya jika kita ingin tercapai suatu kemajuan dalam sebuah aspek, maka kuncinya ada pada di pembangunan dan pemberdayaan perempuan. Maka kualitas SDM seorang perempuan menjadi kunci suksesnya kemajuan bangsa,” ikarmua

Terlebih saat ini, kesetaraan perempuan dengan laki-laki telah meningkat di semua lini. Hal ini membuat peran perempuan di segala sektor saat ini juga semakin besar.

“Di Jawa Timur sendiri Indeks peningkatan capaian Indeks Pembangunan Gender (IPG) juga terus meningkat. Dari 91,67 tahun 2021 menjadi 92,08 di tahun 2022. Begitu juga indikator Indeks Pemberdayaan Gender (IDG) Provinsi Jawa Timur juga terus meningkat. Dari sebesar 74.42 tahun 2022 dibandingkan 72.36,” tegasnya.

“Sangat selaras dengan Indek Ketimpangan Gender (IKG) yang terus menurun dari 0.460 tahun 2021 menjadi 0.440 tahun 2022. Artinya bahwa kesetaraan perempuan di segala lini di Jatim juga terus terbangun,” imbuhnya.

Dengan kondisi perempuan sudah banyak mengisi ruang-ruang pembangunan, Ketua Umum PP Muslimat NU itu mengingatkan bahwa kualitas SDM perempuan yang harus terus dikembangkan.

Penerima Honorary Award for Global Peace and Women Empowerment atau Perdamaian Gobal dan Pemberdayaan Perempuan dari Minhaj-Ul-Quran International ini pun menjabarkan menurutnya ada tiga poin yang harus diperkuat pada perempuan sebagai modal investasi mencapai kemajuan.

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO