Pj Gubernur Jatim Pastikan Distribusi BBM dan LPG Aman Selama Ramadhan hingga Lebaran

Pj Gubernur Jatim Pastikan Distribusi BBM dan LPG Aman Selama Ramadhan hingga Lebaran Pj Gubernur Jatim, Adhy Karyono, saat memberi paparan.

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Pj Gubernur Jatim, Adhy Karyono, memastikan bahwa distribusi BBM dan LPG selama Bulan Suci sampai dengan Hari Raya Idul Fitri 2024 akan berjalan lancar. Ditegaskan pula, seluruh stok pasokan BBM dan LPG dipastikan aman dan tercukupi selama saat itu.

Kepastian tersebut disampaikan saat memimpin rapat koordinasi kesiapan BBM dan LPG menjelang dan Idul Fitri Tahun 2024 bersama sejumlah pejabat terkait di Gedung Negara Grahadi, Surabaya, Selasa (5/3/2024) sore.

Adapun pihak yang terlibat yakni, Kasdam V Brawijaya, Wadirreskrimsus Polda Jatim, Executive General Manager PT. Pertamina Patra Niaga Regional Jatimbalinus, Bank Indonesia (BI), Pimpinan PT. Perusahaan Gas Negara Tbk SOR III, Pimpinan Daerah V Hiswana Migas Jatim Balinusa, dan Plh Sekdaprov Jatim.

“Kami menggelar rakor bersama Pertamina khusus membahas terkait distribusi BBM dan LPG selama ramadan hingga . Dari rakor ini kami nyatakan semua siap, stok dalam kondisi yang aman, tercukupi dan langkah-langkah demi menjamin kelancaran distribusi juga sudah kami bahas secara mendetail,” kata Adhy.

Ia menyebut, rapat koordinasi bersama merupakan tindak lanjut dari arahan Mendagri pada Rakornas HKBN di Jakarta, Senin (4/3/2024). Yang mana salah satu arahannya adalah Pemda harus menjaga ketersediaan dan keterjangkauan BBM dan LPG selama Bulan Suci .

Sampai saat ini, lanjut Adhy, kondisi stok BBM dan LPG per 5 Maret 2024 cukup aman dan tercukupi. Untuk jenis Bahan Bakar Domestik/rumah tangga LPG 53.507 Metrik Ton / 13 kali lipat konsumsi normal. Untuk sektor transportasi BBM Gasoline (bensin) mencapai 151.238 kl / 6,5 kali lipat konsumsi normal harian. 

Untuk BBM Gasoil (diesel) berada pada posisi 148.029 kl / 12 kali lipat konsumsi normal harian. Untuk Sektor Penerbangan Avtur 9946 kl/13 kali lipat konsumsi normal harian.

Terkait infrastruktur yang disiapkan meliputi 19 IT/FT, 741 Armada Mobil Tangki, & 2.150 AMT, PTO 7 Unit (di 5 Terminal), 4 Terminal/Depot LPG, 3 SPPEK LPG, 1.449 SPBU Reguler/BBM 1 Harga/Mini/Kompak), 53 SPBU Nelayan, 47 SPPBE, 1.014 Agen LPG, 131 Agen LPG NPSO, 12 DPPU.

Lihat juga video 'Jelang Lebaran, Pemkab Nganjuk Gelar Gerakan Pangan Murah':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO