[HOAKS] Tolak Hasil Pemilu 2024, Gedung Bawaslu RI Dibakar

[HOAKS] Tolak Hasil Pemilu 2024, Gedung Bawaslu RI Dibakar Tangkapan layar akun media sosial yang menyebarkan sebuah video hoaks terkait pembakaran gedung bawaslu terkait penolakan hasil Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024. Foto: Instagram.

JAKARTA, BANGSAONLINE.com - Media sosial dihebohkan dengan gedung Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) RI, Jakarta Pusat, dibakar.

Kejadian itu, berkaitan adanya demo tentang penyelenggaraan pemilu 2024 .

Narasi yang beredar soal Gedung Bawaslu RI dibakar, dibagikan oleh akun Instagram @ukhtyfillah_911r, dengan narasi “innalillahi ALLAHUAKBAR 100X Gedung Bawaslu dibakar Mobil plat merah dibakar Diskualifikasi Pragib”.

Penjelasan

Berdasarkan penelusuran tim BANGSAONLINE.com, video tersebut serupa dengan kanal Youtube berikut ini (https://www.youtube.com/watch?v=s3BiRMqX-EQ).

Berdasarkan video dari diunggah oleh BOGORIANS TV merupakan sebuah bangunan pos polisi yang berada di depan Kantor Bawaslu RI pada 23 Mei 2019 silam.

Melansir Antara, pos polisi di depan gedung Bawaslu dibakar ketika kerusuhan menolak hasil Pemilihan Presiden (Pilpres) 2019. Dalam kejadian tersebut, sekitar pukul 20.15 WIB, massa di perempatan Bawaslu dan Mandiri Tower mulai melakukan provokasi.

Para demonstran, melakukan pelemparan batu, botol petasan dan molotov ke arah aparat keamanan.

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO