Apakah Durian Mengandung Kadar Kolesterol Tinggi? Ini Kata Ahli Gizi IPB dan UI

Apakah Durian Mengandung Kadar Kolesterol Tinggi? Ini Kata Ahli Gizi IPB dan UI Apakah Durian Mengandung Kadar Kolesterol Tinggi? Ini Kata Ahli Gizi IPB dan UI. Foto: Ist

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Banyak orang yang mengatakan bahwa mengandung kadar . Hal itu menjadikan dihindari oleh sebagian orang.

Prof. Dr. Ir. Ali Khomsan, MS selaku Guru Besar Bidang Gizi Masyarakat dan Sumberdaya Keluarga Fakultas Pertanian Institut Pertanian Bogor (IPB) mengatakan bahwa merupakan panganan nabati yang tidak mengandung kolesterol di dalamnya.

"Durian tidak mengandung kolesterol karena durian pangan nabati. Yang mengandung kolesterol adalah pangan hewani," jelas Prof Ali.

Prof Ali menjelaskan bahwa durian sama dengan buah lainnya dan termasuk jenis makanan nabati. Buah durian justru kaya akan sehingga bisa memberikan energi yang signifikan bagi tubuh.

Ali menegaskan untuk berhati-hati dalam mengonsumsi , terlebih pada orang yang memiliki kelebihan berat badan.

Sumber foto: Ist

"Durian termasuk pangan nabati dengan relatif tinggi, sehingga yang sudah overweight sebaiknya jangan banyak-banyak makan durian," ujarnya.

Selain itu, penderita asam urat juga perlu berhati-hati jika ingin mengonsumsi . Hal itu dikarenakan kandungan seperti alkohol pada durian membuat penyakit asam urat menjadi mudah kambuh.

dr. Luciana Sutanto MS, Sp.GK yang merupakan lulusan Universitas Indonesia mengatakan bahwa mengonsumsi durian bisa mendapatkan vitamin, mineral, gula dan serat seperti mengonsumsi buah lainnya.

dr. Luciana menyarankan untuk mengatur porsi dalam mengonsumsi buah berduri ini, yakni seperenam dari porsi piring makan atau 1/2 jumlah sayur yang dimakan.

(ans)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Mahasiswa Indonesia Bekerja Part Time Sebagai Petani di Jepang, Viral Karena Gajinya, ini Kisahnya':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO