Kampanyekan Prabowo-Gibran, Kepala Desa di Sidoarjo Divonis 5 Bulan Penjara

Kampanyekan Prabowo-Gibran, Kepala Desa di Sidoarjo Divonis 5 Bulan Penjara Sidang kepala desa yang mengampanyekan Prabowo-Gibran di Pengadilan Negeri Sidoarjo.

SIDOARJO, BANGSAONLINE.com - Pengadilan Negeri (PN) memvonis Ifanul Ahmad Irfandi selaku Kepala Desa Tarik dengan pidana 5 bulan penjara usai terbukti melakukan kampanye -Gibran di balai desa setempat.

Sidang putusan yang dipimpin Ketua Majelis Hakim, Slamet Pujiono, menjatuhkan pidana 5 bulan penjara dan denda Rp5 juta, subsider 1 bulan. Terdakwa, Ifanul Ahmad Irfandi, terbukti secara sah dan menyakinkan melanggar Pasal 490 Undang-undang Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilu.

“Menjatuhkan pidana 5 bulan terhadap terdakwa Ifanul Ahmad Irfandi. Pidana ini tidak perlu dipenjara, kecuali selama 10 bulan melakukan pidana lain,” kata Ketua Majelis Hakim saat memimpin sidang putusan terdakwa Ifanul Ahmad Irfandi, Senin (26/2/2024).

Salah satu pertimbangan majelis hakim menjatuhkan hukuman percobaan karena terdakwa tidak pernah melakukan tindakan pidana penjara.

“Hal yang memberatkan terdakwa terbukti berpihak kepada paslon peserta pemilu,” ujarnya.

Mendengar putusan tersebut, Jaksa Penuntut Umum (JPU) menyatakan pikir-pikir, apakah akan mengambil langkah hukum lainnya. Sedangkan Ifanul Ahmad Irfandi secara tegas menerima putusan dari Majelis Hakim PN .

Sementara itu, Ketua Bawaslu , Agung Nugraha, mengatakan bahwa putusan PN akan dilakukan konsolidasi dengan sentra Gakkumdu. Terkait langkah selanjutnya masih menunggu hasil gelar pembahasan tersebut.

“Apakah dari putusan ini akan kita menerima atau langkah hukum lainnya ini tergantung dari hasil pembahasan di sentra Gakkumdu,” ucapnya. (cat/mar)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Detik-Detik Pencurian Sepeda Motor di Krian Sidoarjo Terekam CCTV, Pelaku Mengenakan Seragam Ojol':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO