Caleg dari Demokrat Pertanyakan Tindak Lanjut Kasus di Desa Temon ke Bawaslu Kabupaten Mojokerto

Caleg dari Demokrat Pertanyakan Tindak Lanjut Kasus di Desa Temon ke Bawaslu Kabupaten Mojokerto Ubaid ketika mengadukan proses pelanggaran pidana pemilu ke Bawaslu Kabupaten Mojokerto.

MOJOKERTO, BANGSAONLINE.com - Dugaan terjadinya penggelembungan suara di Desa Temon, Kecamatan Trowulan, Kabupaten . terus bergulir. Caleg muda dari , Ananda Ubaid Sihabuddin, bersama 10 advokat termasuk dari biro bantuan hukum Agung Maulana Husin, dipastikan mendatangi kantor Kabupaten , Senin (26/2/2024).

Ubaid bakal mempertanyakan tindak lanjut pengaduan pidana pemilu terhadap oknum kepala desa di wilayah tersebut, yang tak lain adalah suami dari Caleg nomor 2 dapil 3 dari partai berlambang bintang mercy itu.

Kasus dugaan penggelembungan suara ini telah ditindaklanjuti Kabupaten dengan melakukan penghitungan suara ulang di 18 TPS Desa Temon, Jumat (23/2/2024). Hasilnya ditemukan selisih suara yang cukup banyak, yakni 535 suara.

"Kami akan menanyakan tindak lanjut pengaduan pidana pemilu yang dilakukan oleh oknum kepala desa yang tidak lain adalah suami dari Caleg no. 2 Dapil 3 Partai . Atas dasar hasil penghitungan suara ulang, yang secara nyata terjadi kecurangan terstruktur, masif dan disaksikan oleh seluruh PPS dan Panwascam Trowulan telah ditemukannya penggelembungan perolehan suara dari ke 18 TPS Desa Temon," urai Ubaid, Minggu (25/02/2024).

Menurut dia, dari hasil perhitungan ulang itu patut diduga adanya bantuan campur tangan langsung dari para petugas KPPS dan PTPS dalam hal ini. Sehingga,  proses pemilihan umum khususnya di Desa Temon tidak berjalan sesuai amanat konstitusi yang luber dan jurdil.

Ubaid menyampaikan kekecewaannya terhadap senior di partainya yang terlibat dalam kecurangan tersebut. Dia menegaskan, tindakan itu merusak nama baik partai dan menunjukkan kurangnya contoh yang baik kepada anggota partai.

Tim juga berencana untuk mengirimkan surat resmi kepada DPC dan DPD untuk menyoroti peristiwa ini, serta meminta tindak lanjut yang tepat dari pihak partai.

Lihat juga video 'Pandemi, Ketua TP PKK Kabupaten Mojokerto Ajak Anggotanya Peduli Sesama':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO